Topology Australia Tampil di Jakarta

Topology memiliki kelenturan dalam menggabungkan berbagai jenis aliran musik. Mulai dari berkolaborasi dengan seniman pop, jazz, komedi, hingga tekno. Namun, tetap mempertahankan musik aslinya.

oleh Liputan6 diperbarui 02 Okt 2010, 22:45 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Kuintet musik kontemporer terdepan asal Australia, Topology akan tampil pada Festival Salihara pada 3-4 Oktober 2010 di Jakarta. "Penampilan Topology adalah bagian dari festival budaya yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Australia di Jakarta selama kurang lebih satu bulan, yakni OzFest 2010 pada 17 September-17 Oktober 2010," kata Manajer Festival Salihara Dian Ina Mahendra di Institut Daya Musik Indonesia Jakarta, Sabtu (2/10).

Menurut Dian, kelenturan musik Topology menjadi pertunjukan yang menarik dalam Festival Salihara. Untuk tahun ini, Festival Salihara mengusung tema Bianglala Seni Urban. Festival ini diibaratkan bianglala atau pelangi sementara perkembangan musik, layaknya perkembangan kaum urban.

Dian menjelaskan, pelangi terdiri dari berbagai macam warna, begitupun dengan Festival Salihara yang akan menampilkan enam musisi Indonesia dan enam musisi asing. Dengan kata lain, festival tersebut diisi berbagai macam musisi, baik dalam dan luar negeri.

"Festival Salihara memberikan kontribusi yang penting bagi perkembangan musik Indonesia. Dan memberikan nilai tersendiri bagi karya musik dan seni musisi Indonesia," kata Dian.

Peniup saksofon dan komponis kelompok musik Topology John Babbage mengatakan, kelompok musik Topology memiliki genre musik melalui pendekatan atas musik klasik kontemporer. Tujuan utama mereka akan tampil di Festival Salihara Jakarta adalah untuk memperkenalkan aliran musiknya dan menunjukkan pada khalayak Indonesia tentang keanekaragaman dan kreativitas seni yang unik dari Australia.

"Topology memiliki kelenturan dalam menggabungkan berbagai jenis aliran musik. Mulai dari berkolaborasi dengan seniman pop, jazz, komedi, dan tekno dengan tetap mempertahankan musik asli kami," kata Jhon.(ULF/Ant)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya