Demonstrasi Jelang KTT G20 di Hamburg Jerman

Ratusan ribu warga di Hamburg, Jerman, lakukan aksi unjuk rasa jelang pelaksanaan KTT G20. Apa tuntutannya?

oleh Galuh Garmabrata diperbarui 07 Jul 2017, 07:44 WIB

Fokus, Hamburg - Ratusan ribu demonstran turun ke jalan jelang pertemuan dua hari negara-negara ekonomi utama dunia, atau Grup 20 (G20), yang rencananya dibuka hari ini, Jumat 7 Juli 2017. Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (7/7/2017), kepolisian Jerman mengerahkan 20.000 personelnya di lokasi acara di Kota Hamburg, Jerman.

Para pengunjuk rasa membentangkan spanduk, “selamat datang di neraka”, untuk para pemimpin negara, lantaran berbagai kebijakan G20 di seluruh dunia telah bertanggung jawab atas kondisi layaknya di neraka, seperti kelaparan, perang dan bencana iklim.

Aktivis Oxfam, yang selama ini berfokus pada pembangunan, penanggulangan bencana dan advokasi, bahkan ikut turun ke jalan-jalan di kota kedua terbesar di Jerman itu. Mereka menyindir G20 dengan menggunakan topeng berwajah para pemimpin negara ekonomi utama. Para aktivis menuntut agar pertemuan nanti bisa melahirkan solusi atasi kemiskinan dunia dan pemerataan kesejahteraan.

Aksi unjuk rasa tak menghalangi para pemimpin negara untuk hadir di KTT tersebut. Sejumlah pemimpin negara G20 sudah mulai berdatangan sejak Kamis, 6 Juli 2017 kemarin. Seperti Presiden Amerika Serikat, Donald Trump bersama Ibu Negara, Melania Trump, yang mendarat di Hamburg usai kunjungan kenegaraannya di Polandia.

Kemudian telah hadir pula perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull dan Presiden Argentina, Mauricio Macri. Sementara Presiden Jokowi juga dijadwalkan hadir dalam KTT, usai kunjungan kenegaraannya di Turki.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya