Normalkah Selalu Terbangun dengan Mata Merah?

Sesekali bangun tidur dengan mata merah itu normal. Namun, bila setiap kali bangun tidur dengan mata merah segera periksakan ke dokter mata.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 06 Agu 2017, 15:00 WIB
4 Penyebab Badan Lemas Saat Bangun Tidur

Liputan6.com, Jakarta Mata merupakan salah satu organ penting saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, peran mata yang begitu penting sering kali tidak benar-benar diperhatikan. Pada beberapa orang yang merasa ada masalah dengan mata, malah mengabaikannya.

"Jika tidak diobati, beberapa masalah mata dapat berkembang dengan sangat cepat, yang bisa memengaruhi kemampuan melihat secara permanen," kata dokter spesialis mata dari Katze Eye Group, Donna Booth.

Bila mata Anda mengalami enam hal di bawah ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis mata terdekat. Selengkapnya seperti mengutip Self, Minggu (6/8/2017).

1. Selalu terbangun dengan mata merah

Sesekali bangun tidur dengan mata kemerahan itu normal. Namun jika kondisi mata memerah tak juga mereda, itu tanda Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Bisa jadi itu adalah gejala mata kering. Perlu pemeriksaan lanjutan untuk menegakkan diagnosis tersebut.

2. Mata selalu kering

Air mata buatan yang bisa didapatkan di apotek merupakan solusi pertama menghadapi mata kering. Namun bila tidak juga mereda, segera ke dokter.

Dokter akan memeriksa kondisi tersebut, lalu mungkin akan memberikan suplemen asam lemak omega 3 ataupun melakukan tindakan untuk mengalirkan saluran air mata. Jika itu tidak juga membantu, bisa jadi lapisan kornea mata meradang seperti disampaikan dokter spesialis mata Michelle Akler.

  

Saksikan juga video menarik berikut:

 


Mata bintitan

3. Terpapar cairan pembersih

Saat mata terciprat sabun cuci piring, segera bilas mata dengan air. Lalu, bila merasa kondisi mata tidak nyaman segera periksakan ke dokter.

"Jika terkena zat asing, terutama bahan kimia atau pembersih yang keras, itu perlu mendapat perhatian segara. Karena bisa mengakibatkan kerusakan permanen," kata dokter dari The Ohio State University College of Optometry, Gregory Nixon.

4. Melihat halo di sekitar cahaya atau lampu

Bila melihat kondisi tersebut bisa jadi kacamata atau lensa kontak tidak sesuai. Bisa jadi juga ini indikasi dari migrain okular seperti disampaikan dokter Akler.

5. Bintit di kelopak mata

Bintil atau bintit di kelopak mata merupakan tanda ada infeksi lokal. Jika sering mengalami mata bintitan, segera periksakan ke dokter mata walau akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Dokter akan meresepkan obat untuk mencegah kehadiran bintil lagi di masa depan.

6. Mendadak sensitif terhadap cahaya

Bila kondisi ini terjadi, kemungkinan ada peradangan di mata. Lebih baik, segera periksakan ke dokter spesialis mata.

 

 

 

 

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya