Seni Bordir Unik Berbahan Rambut

Seni bordir tak harus menggunakan bahan benang. Profesor Wei Jing Xian asal Cina menciptakan bordir unik berbahan rambut manusia sebagai pengganti benang.

oleh Liputan6 diperbarui 26 Mar 2002, 03:17 WIB
Liputan6.com, Dubai: Profesor Wei Jing Xian asal Cina menciptakan bordir unik berbahan rambut manusia sebagai pengganti benang. Karya seni Xian mengadopsi seni bordir Timur dengan bahan dasar kanvas sutra, jarum, rambut, dan foto objek yang akan dibordir. Karya bordir Xian umumnya potret para selebriti, bangsawan, dan tokoh dunia. Xian memamerkan hasil karyanya itu di Dubai, Uni Emirat Arab, baru-baru ini.

Karya Xian di antaranya potret Ratu Beatrix dari Belanda, penguasa Uni Emirat Arab Sheikh Zayed, Putri Diana, dan Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed Al Maktoum. Sementara sumber rambut yang menjadi bahan kreasi Xian umumnya berasal dari sahabat dan keluarga.

Xian bahkan sempat memanjangkan rambut untuk membordir potret almarhum ibunya. Sementara alasan Xian menggunakan rambut sebagai bahan bordir karena daya tahan rambut manusia tahan lama. Bahkan, menurut Xian, rambut manusia bisa bertahan 3.000 tahun layaknya daya tahan mumi di Mesir.(YYT/Jsi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya