Ini Tanda Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution Bakal Langgeng

Pagi ini Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution telah sah menjadi sepasang suami istri.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 08 Nov 2017, 11:00 WIB
Setelah menjadi penantian panjang, akhirnya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution resmi menjadi sepasang suami-istri. Rabu, 8 November 2017, tepatnya pukul 09.26 WIB, kata ‘SAH’ sudah terucap untuk Kahiyang dan Bobby. (Vidio.com)

Liputan6.com, Jakarta Pagi ini Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution telah sah menjadi sepasang suami istri. Suasana haru dan khidmat tampak saat ijab kabul dilakukan. Baik Presiden Joko Widodo maupun Bobby Nasution sama-sama lancar mengucapkan kalimat mereka.

Dalam hitungan detik dan satu tarikan napas, Bobby Nasution berhasil mengucapkan ijab kabul secara lancar. Ini membuktikan Bobby telah siap menjadi kepala keluarga bagi putri semata wayang orang nomor satu di Indonesia itu.

Selain lancarnya Bobby mengucap ijab kabul, ada hal lain yang juga begitu menarik perhatian. Ketika kamera menyorot wajah kedua mempelai, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution terlihat sangat mirip. Konon, pasangan suami istri yang berwajah mirip memang ditakdirkan berjodoh dan pernikahannya akan langgeng.

Bukan hanya budaya Jawa yang mempercayai hal ini. Nyaris semua bangsa di berbagai belahan dunia pun familiar dengan kepercayaan ini. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kemiripan fisik menjadi faktor utama ketertarikan antarpasangan.

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog R Chris Fraley dari Universitry of Illinois mengungkap, hal yang serupa menarik hal serupa. Artinya, seseorang cenderung tertarik pada orang lain yang tampak mirip dengan diri mereka. Alasannya, karena orang menginginkan hal-hal yang telah familiar dengan diri.

Umumnya, pasangan yang berwajah mirip memiliki hubungan yang langgeng karena seseorang cenderung mempercayai orang lain yang berwajah mirip dengannya.

Sementara itu psikolog Robert Zajonc dari University of Michigan memiliki teori berbeda mengenai kemiripan antarpasangan. Menurut dia, kemiripan dihasilkan dari hubungan yang lama. Semakin lama pasangan menua bersama, maka akan semakin mirip pula wajah mereka.

Ini karena orang cenderung saling meniru mimik wajah pasangannya. Begitu pula pasangan yang bahagia dalam pernikahan akan memiliki fisik yang mirip. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 


Alasan pasangan berwajah mirip

Berikut beberapa alasan pasangan memiliki wajah mirip, mengutip laman Indiatimes, Rabu (8/11/2017).

Alasan genetik

Bisa jadi ada alasan genetik kenapa pasangan bisa berwajah mirip. Orang-orang yang memiliki hubungan kekerabatan jauh, memiliki kemungkinan besar untuk menikah. Itu sebabnya mereka memiliki wajah yang mirip.

Wanita tertarik dengan pria yang wajahnya mirip ayah

Banyak wanita yang tertarik dengan pria yang berwajah mirip ayahnya. Fenomena ini disebut sebagai sexual imprinting. Artinya, wanita mencari pasangan berdasarkan sosok ayah di benak. Ini juga menjadi salah satu alasan pasangan berwajah mirip.

Berasal dari negara dan tingkat sosial yang sama

Pasangan yang berlatar ekonomi dan sosial yang sama biasanya memiliki kebiasaan seperti makanan, budaya, serta tradisi yang sama. Ini yang menyebabkan mereka tampak serupa.

Fitur wajah serupa

Pasangan yang memiliki bentuk wajah, berat dan tinggi badan yang serupa cenderung saling tertarik. Dan sepertinya hal inilah yang melatari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berjodoh, ya.

Bahagia dalam pernikahan

Semakin lama bersama, pasangan akan saling beradaptasi. Pengalaman hidup seseorang juga akan tercermin pada wajahnya. Itu sebabnya pasangan yang berbahagia menua bersama mengembangkan otot serta kerut wajah yang sama, terutama pada garis tawa.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya