Lomba Anjing Internasional Digelar di Surabaya

Pameran dan lomba anjing internasional pekan ini digelar di salah satu mal di Surabaya, Jatim. Ajang ini diikuti ratusan jenis anjing dari berbagai ras, termasuk anjing khas bali, anjing kintamani.

oleh Liputan6 diperbarui 08 Mei 2011, 08:06 WIB
Liputan6.com, Surabaya: Ratusan anjing berbagai jenis dan ras meramaikan lomba anjing internasional yang digelar di salah satu mal kawasan Surabaya Selatan, Jawa Timur, baru-baru ini. Di antaranya anjing golden retriever, german shepperd, rotweiller, doberman, dan kintamani. Cerdas, penurut, dan gesit itulah kesan yang ditangkap saat menyaksikan para anjing berlomba.

Oleh juri asal Amerika Serikat, Inggris, Belgia, Thailand, Australia, dan Indonesia anjing-anjing ini dinilai berdasarkan anatomi, keindahan, juga karakternya. Misalnya, jika anjing mengigit juri ketika akan dipegang untuk dinilai, maka anjing tersebut langsung didiskualifikasi.

Yang istimewa, di antara peserta, ada 21 ekor anjing asli Bali, yakni anjing kintamani. "(Anjing) kintamani baru kita perjuangankan jadi anjing nasional Indonesia," kata Leowardi, juri.

Dari segi penampilan, anjing kintamani tak kalah dengan anjing-anjing hasil pembiakan di luar negeri. "Badannya proporsional. Tak hanya anjing keluarga, tapi juga anjing penjaga," ucap Sentor, pecinta anjing kintamani.

Tak hanya sekadar lomba, ajang international dog show yang digelar selama dua hari, yaitu 7 dan 8 Mei juga diisi dengan pameran beragam anjing piaraan dari berbagai negara.(BOG)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya