Sail Indonesia 2011 di Wakatobi dan Belitong

Pemerintah akan menggelar Sail Indonesia 2011 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan Belitong, Bangka Belitung. Pemerintah hingga kini masih menghitung jumlah anggara yang dipersiapkan untuk kegiatan tersebut.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Mei 2011, 15:04 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah akan menggelar Sail Indonesia 2011 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan Belitong, Bangka Belitung. "Pelaksanaan Sail Indonesia akan dilakukan di dua lokasi, yakni Wakatobi dan Belitong," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Jakarta, Selasa (10/5).

Pernyataan ini disampaikan Agung seusai rapat koordinasi tingkat menteri tentang Sail Wakatobi-Belitong di kantor Kemenko Kesra, Jakarta. Rapat yang dipimpin Agung itu juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Menteri Sosial Salim Segaf Al Juprie, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, perwakilan dari TNI Angkatan Laut, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam, serta Gubernur Bangka Belitung Eko Maulana Ali.

Agung mengatakan, pelaksanaan Sail Indonesia 2011 merupakan tindak lanjut dari program sebelumnya, yakni Sail Indonesia 2009 di Bunaken serta Sail Indonesia 2010 di Banda. "Tujuan pelaksanaan kegiatan ini mendorong perekonomian dan kepariwisataan di daerah yang menjadi lokasi kegiatan," ucapnya.

Acara tersebut, tambah Agung, juga akan diwarnai dengan kegiatan operasi surya bhaskara jaya, bakti sosial, seminar, dan juga lintas nusantara remaja. "Dalam kegiatan ini kita juga akan melibatkan keikutsertaan negara-negara anggota ASEAN," ujar Agung.

Karena lokasi kegiatan terdapat di dua lokasi, maka puncak acaranya juga akan dilakukan di dua tempat. Untuk Wakatobi acara puncak digelar pada Agustus, sementara Belitong di Oktober. "Puncak acara kemungkinan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau Wakil Presiden Boediono," tutur Agung.

Mengenai jumlah anggaran yang dipersiapkan untuk kegiatan tersebut, Agung menyatakan hingga kini masih dilakukan perhitungan.(ANT/BOG)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya