Hutan Kalimantan Peyangga Paru-Paru Dunia

Selain penyangga paru-paru dunia, hutan di Kalimantan memiliki peranan menjaga keseimbangan alam sehingga daerah kepulauan yang membawahi empat provinsi itu terhindar dari bencana.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Mei 2011, 13:20 WIB
Liputan6.com, Martapura: Kawasan hutan di Pulau Kalimantan adalah salah satu penyangga paru-paru dunia. "Oleh karena itu kelestariannya harus terus dijaga dan dipelihara," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan Nasrun Syah di Martapura, Selasa (17/5).

Menurut Nasrun, selain penyangga paru-paru dunia, hutan di Kalimantan memiliki peranan menjaga keseimbangan alam sehingga daerah kepulauan yang membawahi empat provinsi itu terhindar dari bencana. Bencana yang akan datang di antaranya banjir akibat penebangan tanpa izin.

"Menjaga dan memelihara kawasan hutan maupun kehidupan di dalamnya bukan hanya tugas pemerintah tapi kewajiban setiap komponen masyarakat," katanya. Ia mengatakan, hutan di Banjar sangat luas. Lebih dari separuh luas keseluruhan wilayah kabupaten ini yang mencapai 471.097 hektare.

Hal itu disampaikannya juga di depan rombongan Observasi Lapangan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Kementerian Kehutanan. Dia berharap kedatangan rombongan observasi lapangan dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak di samping menjadi bahan evaluasi jika ada kekurangan.

Ketua rombongan observasi, Bambang Sukahar, mengatakan, tujuan kedatangan peserta bukan untuk mengawasi kinerja pemerintahan tetapi memperdalam ilmu pemerintahan dan pelayanan publik. "Secara khusus peserta datang untuk mendalami masalah kehutanan sesuai objek observasi," ujarnya.(ANT/JUM)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya