5 Lanskap Alam Mengagumkan yang Jarang Terjamah Tangan Manusia

Berikut, 5 lanskap alam mengagumkan yang luput dari perhatian dunia yang jarang terjamah oleh tangan-tangan manusia.

oleh Rizki Akbar Hasan diperbarui 25 Mar 2018, 20:24 WIB
(Ilustrasi) Lanskap Danau Toba. Meski populer di Indonesia, lanskap alam mengagumkan di danau raksasa itu terbilang masih luput dari perhatian dunia (Rizki Akbar Hasan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Bumi menyimpan beragam lanskap alam mengagumkan yang begitu beragam dan berlimpah.

Beberapa di antaranya sudah cukup terkenal dan bahkan, telah diobjektifikasi menjadi destinasi wisata komersial.

Namun, tak jarang sejumlah di antara lanskap alam itu masih tersembunyi, masih lestari seperi sedia kala, dan tak terjamah oleh tangan-tangan manusia.

Berikut, 5 lanskap alam mengagumkan yang luput dari perhatian dunia dan jarang terjamah manusia, seperti dirangkum dari Listverse (25/3/2018).


1. Erg Chebbi, Maroko

Erg Chebbi, Maroko (Wikimedia Commons)

Erg Chebbi terletak di Gurun Sahara di Maroko. Lanskap itu merupakan gurun yang sejauh mata memandang, dipenuhi oleh beragam bukit-bukit pasir.

Gurun pasir Erg Chebbi mencakup luas sekitar 22 km dan memiliki bukit pasir yang mampu mencapai tinggi sekitar 150 meter.

Masyarakat lokal percaya bahwa panas pasir di gurun itu memiliki khasiat medis. Sehingga, pada musim-musim tertentu, ada sejumlah orang yang sengaja menimbun diri mereka sendiri dengan pasir di Erg Chebbi.


2. Pantanal, Brazil

Pantanal, Brazil (Wikimedia Commons)

Pantanal merupakan salah satu wilayah rawa terbesar di dunia. Foto lanskap itu begitu mengagumkan, sekilas melihatnya bak memandang wallpaper pada komputer.

Rawa itu juga menjadi habitat bagi sejumlah satwa unik nan endemik, seperti Kapibara dan Beruang Semut.


3. Playa Ostional, Kosta Rika

Playa Ostional (Facebook/Refugio Playa Ostional ADIO)

Setiap tahun, pantai Playa Ostional dipenuhi oleh ratusan hingga ribuan kura-kura, mengingat lokasi itu menjadi tempat mereka berkembang biak dan bersarang.

Bahkan beberapa di antara kura-kura itu adalah varian langka.

Saat ini, pemerintah setempat menetapkan Playa Ostional sebagai Taman Nasional. Tetap bisa dikunjungi, hanya saja, butuh syarat dan kewajiban tertentu yang perlu dipatuhi oleh para wisatawan.


4. Valle de la Luna, Chile

Valle de la Luna, Chile (Wikimedia Commons)

Lembah Bulan dalam artian harafiah, Valle de la Luna memanjakan visual para pengunjungnya dengan menyajikan lanskap pemandangan bak berkunjung ke Lunar -- meski tampak lebih mirip seperti Planet Mars.

Didominasi warna kelabu dan kecoklat-coklatan, Valley de la Luna merupakan lanskap tebing yang memadukan kombinasi danau mengering, pasir, bebatuan merah, dan angin kencang yang mampu meniup pasir-pasir di sekitar.


5. Lembah Jiuzhaigou, China

Danau Cermin di Lembah Jiuzhaigou (Wikimedia Commons)

Jiuzhaigou berarti "sembilan desa" yang mengambil namanya dari sembilan desa Tibet yang berada di sekitar lokasi tersebut.

Seluruh lembah dipenuhi dengan sungai-sungai yang indah, danau, dan dikelilingi oleh pegunungan yang tertutup salju.

Lokasi itu dianggap sebagai keajaiban alam penting, sampai-sampai diklasifikasikan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya