Anti-Mainstream, Seniman Ciptakan Jam Tangan dengan Mesin Uap

Ingin membuat sesuatu yang beda, desainer ini berhasil membuat jam tangan yang anti-mainstream

oleh Reza Sugiharto diperbarui 02 Apr 2018, 12:00 WIB
Ingin membuat sesuatu yang beda, desainer ini berhasil membuat jam tangan yang anti-mainstream (doc: FRISK_P/Twitter)

Liputan6.com, Jakarta Kekreatifan seseorang tidak bisa diukur dan ditentukan. Semua orang memiliki sisi kreatif yang berbeda-beda dan beragam. Semua benda bisa dibuat dan dikreasikan tergantung pemikiran liar sang kreator.

Salah satu orang yang berhasil memodifikasikan benda sehingga membuatnya semakin menakjubkan adalah desainer Jepang yang memiliki nama panggung FRISK_P. FRISK_P telah berhasil membuat jam tangan dengan sentuhan steampunk.

Steampunk sendiri adalah suatu aliran dari science-fiction yang memadukan era mesin uap sebagai tema utamanya dengan berbagai elemen fiksi dan fantasi. Misi FRISK_P adalah "membuat jam tangan yang tidak dibuat orang lain". Jam tangan buatannya jelas bukan jam tangan yang praktis, tetapi untuk memberi kekaguman bagi yang melihat.

 

 


Ciptaan Tersebut Berfungsi Sesuai Fungsinya

Ingin membuat sesuatu yang beda, desainer ini berhasil membuat jam tangan yang anti-mainstream (doc: FRISK_P/Twitter)

Tidak ingin hanya terlihat keren dan menakjubkan, FRISK_P juga membuat benda ciptaannya berfungsi sepenuhnya sehingga bisa digunakan sesuai fungsinya.

Menurut artikel singkat tentang IT Media, FRISK_P menggunakan perangkat lunak seperti 3D CAD dan Fusion 360 untuk merancang semua bagian jam tangan 'steampunk-nya'. Kemudian FRISK_P menggunakan printer 3D untuk desain jamnya.

 


Tidak Hanya Membuat Jam Tangan

Ingin membuat sesuatu yang beda, desainer ini berhasil membuat jam tangan yang anti-mainstream (doc: FRISK_P/Twitter)

Selain itu, salah satu arloji automatanya dimasukan dengan tiga motor servo dan papan mikrokomputer. Motor servo sendiri adalah sebuah motor DC dengan sistem umpan balik tertutup di mana posisi rotor-nya akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam motor servo.

Motor ini terdiri dari sebuah motor DC, serangkaian gear, potensiometer, dan rangkaian kontrol. Sedangkan mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama dan antarmuka input-output (I/O devices) yang dilakukan dengan menggunakan sistim interkoneksi bus.

Diketahui FRISK_P tidak hanya berhenti di situ saja. Selain menciptakan jam tangan yang menakjubkan, FRISK_P juga telah berhasil menciptakan alat musik keyboard dengan sentuhan steampunk tentunya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya