Responden Kedai Kopi Jagokan Jokowi Maju Capres 2019

Tingginya elektabilitas Jokowi tidak terlepas dari hasil survey yang menyatakan 66 persen puas dengan kinerja pemerintah selama ini.

oleh Muhammad Ali diperbarui 15 Apr 2018, 09:40 WIB

Fokus, Jakarta - Dari survei nasional opini publik, nama Presiden Joko Widodo masih memegang elektabilitas tertinggi dengan 48,3 persen, disusul Prabowo Subianto 21,5 persen, Gatot Nurmantyo 2,1 persen, serta tiga nama masing-masing Agus Harimurti Yudhoyono, Anies Baswedan serta Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi yang sama-sama didukung 1,1 persen.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Minggu (15/4/2018), elektabilitas Jokowi itu tidak terlepas dari hasil survei yang menyatakan 66 persen puas dengan kinerja pemerintah selama ini.

Jika terjadi pertarungan ulang antara Jokowi dan Prabowo Subianto, Founder Lembaga Survei Kedai Kopi Hendri Satrio menilai Jokowi akan tetap unggul.

Sementara, untuk posisi Wakil Presiden, nama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menjadi favorit responden Kedai Kopi dengan 17,5 persen dukungan. Posisi kedua publik memilih Agus Harimurti Yudhoyono lalu disusul Anies Baswedan, Abraham Samad, dan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian.

Survei dilakukan di 34 provinsi dengan lebih dari seribu responden, dengan karakter responden calon pemilih berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah. Survei Kedai Kopi juga memetakan pendapat publik tentang calon kotak kosong. Mayoritas responden, 62,9 persen tidak setuju jika pemilu presiden hanya ada calon tunggal.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya