5 Pemain Hebat Manchester City Sebelum Era Sheikh Mansour

Manchester City sukses menjadi juara Liga Inggris usai kalahkan Tottenham Hotspur.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Apr 2018, 10:00 WIB
Pemain Manchester City merayakan kemenangannya usai melawan Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris di Wembley Stadium di London (14/4). Kemenangan ini mendekatkan Manchester City sebagai juara Liga Inggris. (AP Photo / Tim Ireland)

Liputan6.com, Manchester - Manchester City sukses memecahkan rekor usai dinobatkan sebagai juara Liga Inggris. Namun keberhasilan mereka tentu tak murah, karena uang dari Sheikh Mansour mengubahnya jadi tim paling mengerikan.

Nyaris 10 tahun sejak kedatangan Sheikh Mansour, Manchester City benar-benar disulap jadi tim menakutkan di Inggris. Taipan asal Timur Tengah tersebut tak segan keluarkan uang banyak untuk membeli pemain bintang.

Padahal sebelum kedatangan Mansour, Manchester City sudah dikenal sebagai tim yang diperkuat bintang. Para pemain tersebut cukup dikenal, meski tak mendapatkan gaji mahal seperti penggawa City saat ini.

Siapa saja pemain hebat Manchester City sebelum era Mansour? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

 

 

 

 

 


1. Richard Dunne

Richard Dunne (kiri) pernah jadi bintang di Manchester City (AFP PHOTO/ANDREW YATES)

Dunne merupakan sosok kapten yang solid di pusat pertahanan tim, dan juga pemain terbaik tim selama empat musim berturut-turut. Tapi, tidak butuh waktu lama bagi sosok Irlandia tersebut untuk menyadari bahwa dia akan dibuang di era baru klub.

Segera setelah pengambilalihan Mansour, ketua eksekutif klub, Garry Cook dikutip mengatakan "Kami membutuhkan superstar untuk menarik. Richard Dunne tidak cukup bagus (untuk pasar) di Beijing. "

Dunne sebenarnya masih bertahan musim 2008-09 dan tampil secara teratur. Tetapi dengan kedatangan Kolo Toure dan Jolean Lescott musim panas 2009, Dunne kemudian angkat kaki.


2. Elano

Elano Blumer, salah satu bintang Manchester City ( AFP PHOTO/ANDREW YATES)

Elano bergabung dengan City pada musim panas 2007, dan dengan cepat memantapkan dirinya di klub. Hal itu setelah dia menyelesaikan musim pertamanya sebagai pencetak gol terbanyak tim.

Tapi kedatangan Robinho dengan kembalinya Shaun Wright-Phillips pada musim panas 2008 membuat Elano tidak lagi menjadi pilihan utama. Dia akhirnya dipaksa pergi.

Mirip dengan Dunne, Elano tampil secara teratur untuk City musim 2008-09, sebelum pindah dari Manchester. Setelah bermain di Turki dan negara asalnya Brasil, Elano menyelesaikan kariernya dengan tugas yang sukses (tapi kontroversial menjelang akhir) di Liga Super India bersama Chennaiyin FC.


3. Micah Richards

Micah Richards, bek yang berasal dari akademi Manchester City (AFP PHOTO/PAUL ELLIS)

Micah Richards tampak ditakdirkan untuk hal-hal besar bek termuda yang bermain untuk Inggris (pada usia 18) dan pemain termuda yang jadi kapten City (pada usia 19). Jika banyak kekhawatiran tentang kedatangan Mansour, masa depan Richards tampaknya akan memainkan peran utama di era baru klub.

Richards terus tampil secara teratur untuk City hingga 2012 tetapi kemudian kehilangan tempatnya usai kedatangan Pablo Zabaleta. Kekecewaan karena tidak banyak dapat kesempatan musim 2013-14 karena main dua pertandingan membuatnya cabut dari City.

Setelah menghabiskan satu tahun dengan status pinjaman di Fiorentina, Richards kini bersama tim Championship bersama Aston Villa. Dia saat ini tengah alami cedera panjang.


4. Joe Hart

Joe Hart saat masih bersama Manchester City (OLI SCARFF / AFP)

Pemenang penghargaan Pemain Muda Terbaik Tahun 2007-2008 ini menjadikan dirinya sebagai penjaga nomor satu di klub dengan beberapa penampilan mengesankan. Potensinya jelas, yang juga mendorong debut untuk Inggris pada usia 21 tahun.

Hart adalah penjaga pilihan pertama di City untuk paruh pertama musim 2008-09, tetapi klub membawa Shay Given yang lebih berpengalaman pada Januari 2009. Sejak saat itu, mereka segera menunjuk Given sebagai penjaga pilihan pertama.

Tapi musim pinjaman yang mengesankan di Birmingham City, mendorong Roberto Mancini (kemudian manajer City) untuk menunjuk Hart sebagai penjaga gawang klub utama pada 2010. Hart menikmati sukses besar di klub - termasuk 2 gelar liga dan musim panjang sebagai yang pertama, termasuk pilihan utama untuk tim nasional.

Kedatangan Pep Guardiola, dan kesukaannya untuk penjaga gawang yang berperan sweepermembuat Hart terdepak. Setelah dipinjamkan ke Torino, Hart saat ini dipinjamkan ke West Ham.


5. Stephen Ireland

Stephen Ireland (AFP PHOTO/ADRIAN DENNIS)

Sebuah produk dari sistem akademi di Manchester City, Ireland telah memantapkan dirinya sebagai pemain reguler sebelum pengambilalihan Mansour. Saat klub berusaha membawa pemain-pemain papan atas untuk meningkatkan kualitas skuat, dia sudah mencatat potensinya.

Meskipun kedatangan nama besar pemain di musim panas 2008 dengan, Ireland terus menjadi anggota kunci. Bakan dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun 2008-09 karena penampilannya yang luar biasa.

Tapi, mirip dengan yang lain yang disebutkan sebelumnya, Ireland terdepak pada kemudian hari. Dia bergabung dengan Aston Villa pada musim panas 2010 sebagai bagian dari kesepakatan pemain dengan James Milner. Saat ini dia berada di Stoke City.

Eka Setiawan

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya