2 Ekor Hiu Paus Terlihat Lagi di Gorontalo, Warga Tebar Udang

Hiu paus sempat menjadi atraksi wisata warga desa di Gorontalo sebelum akhirnya menghilang setahun yang lalu.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 08 Mei 2018, 09:32 WIB
Hiu paus sempat menjadi atraksi wisata warga desa di Gorontalo sebelum akhirnya menghilang setahun yang lalu. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Gorontalo - Kawanan hiu paus jinak yang menghilang satu tahun lalu kini mulai muncul dan terlihat kembali di perairan laut Desa Botu Barani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Salah satu nelayan Botu Barani yang biasa memanggil hiu keluar, Arfan Ali, menyatakan hiu paus tersebut sudah lima hari ini terlihat di sini. "Mulai dari hari Kamis (4/5/2018), kami mulai melihat keberadaan hiu paus ini. Teman-teman saya juga sering melihat saat malam dan pagi hari," ujarnya, Senin, 7 Mei 2018.

Ia menjelaskan saat hiu paus menampakkan diri pagi-pagi, nelayan yang melihatnya langsung memberinya udang. Setelah hiu paus pertama terlihat, seekor lainnya ikut mendekat.

"Tiba-tiba, hiu paus bertambah satu dan sekarang yang bermain di sekitaran perairan Botu Barani menjadi dua ekor," katanya.

Hiu paus itu juga bisa dipanggil dengan cara khas. Masyarakat setempat biasanya akan mengetok badan perahu sembari menaburkan makanan di air saat memanggil hiu dari tempat persembunyiannya.

"Hal ini memang kami sering lakukan ketika memanggil hiu paus ini keluar," ujar Nani, nelayan lainnya.

Ia menyatakan hiu paus yang kembali terlihat di Gorontalo tetap bersahabat seperti sebelum ia menghilang. "Tidak agresif dan alhamdulillah masih jinak dan bersahabat dengan manusia," ucapnya.

Kedatangan hiu paus setelah menghilang disambut dengan senang oleh masyarat Desa Botu Barani. "Mudah-mudahan hiu ini akan betah di tempat ini, sehingga wisata hiu paus bisa dibuka kembali di Gorontalo," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya