Gangguan Jiwa Jauh dari Wanita yang Sering Lakukan 6 Hal Ini

Meskipun gangguan jiwa paling rentan dialami wanita, tapi kabar baiknya ini bisa dicegah dengan enam hal ini

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Mei 2018, 14:00 WIB
Depresi Merupakan Gangguan Jiwa yang Juga Banyak Menyerang Wanita (iStockphoto/AntonioGuillem)

Liputan6.com, Jakarta Ada tiga jenis gangguan jiwa yang rentan dialami oleh wanita. Mulai dari yang tergolong ringan sampai yang sangat berat.

Terkadang ada saatnya wanita merasa sangat sedih yang membuat mereka merasa berada di titik paling rendah. Pada kondisi seperti ini, sebenarnya wanita sedang mengalami gangguan jiwa jenis depresi.

Orang yang depresi sering merasa putus asa, kehilangan motivasi, juga semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Gangguan jiwa satu ini pun disebut paling rentan dialami wanita ketimbang pria.

Wanita memang lebih mungkin mengalami gangguan jiwa. Berita baiknya, keadaan ini bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana, yaitu:

● Mendekatkan diri dengan Tuhan

Cara ini dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kesehatan jiwa. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, hidup Anda akan lebih teratur. Anda juga bisa berdoa agar selalu dalam lindungan-Nya sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

● Berhubungan baik dengan keluarga

Keluarga merupakan pendukung utama dalam hal apa pun. Karena itu, menjaga hubungan baik dengan keluarga turut membantu Anda termotivasi untuk segera memperbaiki diri agar bisa segera terlepas dari gangguan jiwa yang sedang terjadi.

● Berolahraga secara rutin dan teratur

Jika Anda sedang mengalami masalah yang menganggu pikiran, cobalah untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas sehat itu mampu menurunkan kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon pemicu stres.

● Cukup istirahat

Cukup istirahat dengan tidur malam selama minimal 8 jam sehari dapat membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak. Pada akhirnya, aliran darah menjadi lebih lancar, otak lebih relaks dan gangguan jiwa bisa segera musnah.

● Selalu berpikiran positif

Usahakan untuk tidak berpikiran negatif dan segera ubah menjadi hal positif agar tidak mudah memicu gangguan jiwa.

● Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Fungsi sel-sel di dalam tubuh sangat bergantung dari asupan gizi yang Anda konsumsi. Karena itu, agar fungsi tersebut tetap terjaga dengan optimal, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, yang sebagian besarnya terdiri dari sayur dan buah-buahan.

 


Mari Cegah Gangguan Jiwa

Memang, tidak setiap wanita akan mengalami gangguan jiwa. Akan tetapi, Anda tetap dianjurkan untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan tubuh maupun pikiran dengan saksama.

Terapkan gaya hidup sehat sekarang juga. Dan, berkonsultasilah pada dokter atau psikiater jika Anda merasa mengalami gejala yang merujuk pada salah satu jenis gangguan jiwa di atas. Salam sehat!

Penulis : dr. Dyah Novita Anggraini / Klik Dokter

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya