Siapkan Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un, Pejabat AS-Korut Bertemu

Pejabat AS telah mengadakan pertemuan dengan pejabat Korea Utara di Tongilgak, Panmunjom utara, guna mempersiapkan pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un.

oleh Rizki Akbar Hasan diperbarui 03 Jun 2018, 14:02 WIB
Duta Besar AS untuk Filipina Sung Kim dan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui (YONHAP via KBS)

Liputan6.com, Panmunjom - Pejabat Amerika Serikat dilaporkan telah mengadakan pertemuan dengan pejabat Korea Utara di Tongilgak, Panmunjom utara, pada Sabtu, 2 Juni 2018, pagi hingga sore hari.

Pertemuan ronde ketiga itu melibatkan Duta Besar AS untuk Filipina Sung Kim dan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui, guna membahas persiapan KTT Korea Utara - AS yang mempertemukan Presiden Donald Trump dan Chairman Kim Jong-un.

Kedua pihak telah mengadakan dua kali pembicaraan tentang hal yang sama pada hari Minggu dan Rabu lalu. Demikian seperti dikutip dari KBS, Minggu (3/6/2018).

Sebelumnya, Dubes Sung Kim sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Kang Kyung-wha pada Jumat, 1 Juni 2018.

Usai pertemuan dengaan Kang Kyung-wha, Sung Kim menyimpulkan, "Masih banyak pekerjaan yang tersisa" sebelum KTT Korea Utara - AS terlaksana pada 12 Juni di Singapura.

Pertemuan Sung Kim dan Choe Son-hui berlangsung pada hari terakhir kunjungan kenegaraan utusan khusus Korea Utara, Kim Yong-chol ke AS.

Ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo di New York pada 31 Mei dan kemudian Presiden Donald Trump di Gedung Putih pada 1 Juni.

Selain itu, selama sepekan terakhir, Washington dan Pyongyang telah mengadakan serangkaian pembicaraan di Panmunjom, Singapura dan New York untuk mempersiapkan KTT bersejarah tersebut.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:


Korea Selatan, AS, dan Jepang Berharap KTT Mampu Hasilkan Denuklirisasi

Menteri Pertahanan AS, Korea Selatan, dan Jepang mengadakan dialog tripartit pada sela-sela Asia Security Summit atau Shangri-La Dialogue di Singapura, Minggu, 3 Juni 2018 (YONHAP via KBS)

Sementara itu, pada waktu dan tempat terpisah, para menteri pertahanan Korea Selatan, AS, dan Jepang menyatakan harapan agar KTT Korea Utara - AS yang akan datang dapat berkontribusi pada penyelesaian komprehensif masalah kemanusiaan dan masalah keamanan di Semenanjung Korea.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Song Young-moo dan rekan setara dari AS dan Jepang, James Mattis dan Onunera Onodera mengeluarkan pernyataan bersama mengenai hal itu usai dialog tripartit pada sela-sela Asia Security Summit atau Shangri-La Dialogue di Singapura, Minggu, 3 Juni 2018. Demikian seperti dikutip dari KBS pada 3 Juni 2018.

Ketiga pihak menyambut positif hasil dari KTT Korea Utara - Korea Selatan pada akhir April lalu, menilai bahwa perkembangan positif setelah KTT tersebut menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk KTT Korea Utara - AS pada 12 Juni mendatang.

Ketiganya juga memuji pengumuman Korea Utara untuk menangguhkan uji coba rudal nuklir dan balistiknya serta pembongkaran tempat uji coba nuklir Punggye-ri.

Selain itu, mereka setuju untuk terhadap upaya diplomatik yang sedang berlangsung untuk mencapai denuklirisasi penuh dari Semenanjung Korea.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya