4 Tips Mengatur Uang Bagi Wanita yang Belum Memiliki Anak

Perhatikan beberapa tips mengatur uang, khususnya bagi wanita yang belum memiliki anak.

oleh Annissa Wulan diperbarui 28 Jul 2018, 16:00 WIB
Ilustrasi uang (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya pria, wanita juga harus banyak mempersiapkan diri sebelum memiliki anak, termasuk masalah mengatur uang. Anda bisa merencanakan keuangan ini dari jauh-jauh hari, sebelum menikah, bahkan memiliki anak.

Dilansir dari huffingtonpost.com, Sabtu (28/7/2018), berikut ini adalah beberapa tips mengatur uang bagi wanita yang belum memiliki anak. Penasaran?

1. Memulai pembicaraan dengan pasangan

Tidak ada pasangan yang menikmati pembicaraan ini, percayalah. Namun, sangat penting untuk memulainya sedini mungkin, bahkan sebelum Anda memutuskan untuk menikah.

Cara ini akan membantu Anda mengetahui hal-hal yang tidak terduga sebelumnya. Ya, lakukan pembicaraan tentang uang dan anak sedini mungkin bersama pasangan.

 

 


Tips mengatur uang bagi wanita yang belum memiliki anak

Ilustrasi uang (iStockphoto)

2. Membuat asuransi

Asuransi adalah cara terbaik untuk menjamin semua kebutuhan anak Anda di masa depan. Walaupun rasanya enggan untuk dimulai, merencanakan membuat asuransi sedini mungkin akan membantu mencari tahu berapa banyak yang dibutuhkan dan jenis apa yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Anggaran untuk merawat anak

Seperti pengasuh atau ketika Anda harus meninggalkan anak kepada mertua, mulai sisihkan uang tunai untuk hal tersebut. Tergantung pada jenis perawatan yang dipilih, namun sebaiknya mulai saat ini Anda sudah menyisihkan uang dari biaya bulanan.


Tips mengatur uang bagi wanita yang belum memiliki anak

Ilustrasi gawai ibu dan anak (iStockphoto)

4. Konsultasi kepada asuransi kesehatan

Alasannya adalah Anda akan sadar apa saja dan berapa saja yang dijamin. Cara ini akan membantu Anda mengantisipasi pengeluaran yang tidak biasa untuk kesehatan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya