Piala AFF U-16 2018: Hajar Timor Leste, Vietnam Menekan Indonesia

Vietnam memberi tekanan pada Indonesia selepas menggulung Timor Leste pada laga kedua penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018, Selasa (31/7/2018).

oleh Zaidan Nazarul diperbarui 31 Jul 2018, 19:46 WIB
Duel Vietnam vs Timor Leste pada matchday kedua penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Joko Samudro, Gresik, Selasa (31/7/2018).

Jakarta - Setelah hanya menang 1-0 atas Kamboja di laga perdana penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018, Timnas Vietnam U-16 akhirnya meraih kemenangan dengan margin cukup besar di matchday kedua di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Selasa (31/7/2018). Vietnam membungkam Timor Leste dengan skor 4-0.

Kemenangan ini sekaligus memberikan tekanan bagi Indonesia jelang pertemuan kedua tim di laga ketiga penyisihan Grup A, Kamis (2/8/2018). Hasil ini bisa jadi isyarat, Vietnam bakal menjadi lawan kuat bagi tim polesan Fakhri Husaini nanti.

Di pertandingan ini, Vietnam membuktikan kapasitas mereka. Pasalnya, Vietnam hanya butuh 16 menit untuk membuka keunggulan melalui sundulan Trinh Van Chung. Di menit ke-31, giliran Din Thanh Thrung yang mencatatkan namanya di papan skor. Vietnam unggul 2-0 hingga turun minum.

Baca Juga

  • Panpel Sediakan 5 Lapangan Latihan bagi Kontestan Piala AFF U-16
  • Merasa Dihina Suporter Indonesia, Malaysia Kirim Surat Protes ke AFF dan AFC
  • Vlog ICC Singapura: Nonton Arsenal Vs PSG, Bertemu Buffon dan Mkhitaryan

Di babak kedua, Vietnam yang tampil agresif di pertandingan ini, kembali membobol gawang Timor Leste melalui titik putih yang dieksekusi dengan baik oleh pemain pengganti Doan Chi Bao di menit ke-68 dan digenapi menjadi 4-0 setelah Din Thanh Thrung di menit ke-75.

"Kemenangan ini berkat evaluasi kami setelah hanya menang tipis di pertandingan pertama," tutur pelatih Vietnam, Vu Hong Viet.

Meski mengaku puas dengan hasil ini, jika melihat seabrek peluang yang didapatkan timnya di pertandingan ini, Vu Hong Viet merasa kurang puas. "Tapi, secara keseluruhan, saya tetap mengapresiasi pemain di pertandingan ini," ujarnya.

Di pihak Timor Leste, pelatih Joao Araujo menyebut kehadiran mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menyaksikan pertandingan ini justru membuat pemain tegang dan kehilangan percaya diri.

"Keberadaan beliau membuat pemain tidak bermain seperti pertandingan sebelumnya. Mereka seperti tidak punya kekuatan, kecepatan, dan kemampuan. Mereka seakan tidak bisa main bola, kontrol salah, passing tidak akurat, dan semuanya kacau," tuturnya.

Penampilan Timor Leste memang tampak berbeda dengan saat duel melawan Myanmar pada matchday pertama penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018, Minggu (29/7/2018). Ketika itu, Timor Leste bermain apik meski tetap kalah 2-3 dari Myanmar.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya