Jelang Asian Games 2018, Sandiaga Uno Ungkap Alasan Sistem Ganjil Genap Diperluas

Sandiaga Uno mengungkapkan alasan lain dalam sistem ganjil-genap untuk Asian Games 2018.

oleh Muhammad Ivan Rida diperbarui 07 Agu 2018, 17:49 WIB
Sandiaga Uno (Adrian Putra/bintang.com)

Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan salah satu alasan pihaknya memperluas sistem ganjil-genap adalah demi meningkatkan kualitas udara. Sandi mengklaim situasi itu bakal mengurangi angka polutan sehingga udara Ibukota bisa layak untuk Asian Games 2018.

Sebelumnya, publik mengeluhkan aturan baru terkait penerapan plat nomor ganjil-genap yang boleh beroperasi untuk kendaraan roda empat atau lebih di sejumlah jalan wilayah DKI Jakarta.

Perluasan wilayah ganjil-genap mobil pribadi sampai ke jalan arteri diberlakukan selama 15 jam per hari, mulai pukul 06.00 sampai 21.00 WIB, lalu dari Senin hingga Minggu.

"Salah satu keinginan kita untuk memperbaiki kualitas udara adalah kebijakan untuk memperluas sistem ganjil genap. Sekarang terus kami pantau," kata Sandi yang dikutip dari Liputan6.com.

"Memang ada sedikit perbaikan, tetapi belum menunjukkan eksistensi yang kami inginkan. Namun, bisa dipastikan udara di Jakarta itu layak untuk Asian Games 2018," ujar pria kelahiran Pekanbaru berusia 49 tahun tersebut.

Selain untuk mengurangi polusi, perluasan sistem ganjil-genap juga diharapkan dapat mengurai kemacetan. Harapannya, para atlet yang ingin berlaga di Asian Games 2018 tidak terhambat karena terjebak arus lalu lintas.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya