Tenis Ganda Campuran Sumbang Emas ke-10 Indonesia di Asian Games 2018

Indonesia merebut medali emas Asian Games pertama dari cabor tenis sejak 2002.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 25 Agu 2018, 17:19 WIB
Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi merebut medali emas ganda campuran tenis Asian Games 2018. (Liputan6.com/Luthfie Febrianto)

Liputan6.com, Jakarta Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi merebut medali emas ganda campuran tenis Asian Games 2018. Mereka meraihnya setelah mengalahkan Sonchat Ratiwatana/Luksika Kumkhum 6-4, 7-5, 10-7 pada final di lapangan tenis JSC, Palembang, Sabtu (25/8/2018).

Ini adalah emas pertama cabor tenis bagi Indonesia sejak Asian Games 2002. Ketika itu regu putri yang menempati podium pertama.

Christopher/Aldila juga mengikuti jejak Yayuk Basuki/Hary Suharyadi (1990) sebagai ganda campuran Indonesia yang merebut emas Asian Games.

Kemenangan ini juga mengobati kegagalan Christopher/Aldila di nomor lain. Berpasangan dengan Justin Barki, Christopher langsung tersisih di babak dua ganda putra.

Sedangkan Aldila melangkah hingga perempat final tunggal putri Asian Games 2018. 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di sini


Jalan Pertandingan

Ganda campuran tenis Indonesia lolos final Asian Games 2018, Aldilla Sutjiadi dan Christoper Benjamin Rungkat. (Foto:

Christopher/Aldila mematahkan servis Ratiwatana/Luksika di gim ketiga dan kelima untuk mendominasi set pertama. Penampilan agresif Christopher di depan net menjadi kunci kesuksesan pasangan Indonesia. Sementara Aldila bermain stabil di baseline.

Ratiwatana/Luksika sempat memberi perlawanan dengan merebut dua gim berikutnya. Namun, kedua pasangan kemudian merebut masing-masing gim dan Christopher/Aldila merebut set pertama.

Christopher/Aldila menjaga momentum dan memenangkan dua gim pertama. Meski begitu, Ratiwatana/Luksika berhasil membalikkan kedudukan 3-2. 

Luksika kemudian mendapat perawatan karena bola mengenai mata. Walau dalam keadaan begitu, pasangan Thailand mampu memperlebar keunggulan.

Dalam kedudukan 5-3 dan 40-30, Ratiwatana/Luksika tidak mampu mengamankan kemenangan. Christopher/Aldila sukses menyamakan skor 5-5. 

Sayang, perjuangan itu berakhir sia-sia karena duo Thailand mengamankan dua gim berikutnya. 


Set Penentu

 

Di set penentu, Christopher/Aldila memimpin 3-0, 5-2, 7-4. Namun, Ratiwatana/Luksika mampu menyamakan kedudukan 7-7.

Dalam kondisi tertekan, Christopher memenangkan dua poin tambahan sebelum Aldila memastikan kemenangan Indonesia. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya