Berangkat Perdana, KAI Manjakan Penumpang KA Wisata Gambir-Semarang

PT Kereta Api (KA) Pariwisata perdana memberangkatkan kereta Argo Muria Priority dengan rute Gambir-Semarang.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 27 Agu 2018, 13:00 WIB
KA wisata jurusan Gambir-Semarang berangkat perdana (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api (KA) Pariwisata atau disebut KA Pariwisata pada Senin (27/8/2018) perdana memberangkatkan kereta Argo Muria Priority dengan rute Gambir-Semarang.

Sebagai bentuk promosi, perseroan pun menghadiahi bingkisan kepada 14 penumpang pertamanya.

Proses pemberian bingkisan ini diwakili oleh dua penumpang, yang terdiri dari satu pria dan satu wanita. Selanjutnya, pramugari memberikan sisa souvenir kepada 12 penumpang lain di satu gerbong prioritas tersebut.

Dari pantauan Liputan6.com, bingkisan itu berisi satu buah bantal melingkar yang biasa dipakai untuk sandaran kursi, serta satu booklet panduan kereta Argo Muria Priority.

Pada kesempatan tersebut, Senior Supervisor Transport Operation PT KA Pariwisata Andry Budianto menyampaikan, penumpang bisa mengambil suguhan soft drink berupa kopi ataupun teh yang dapat diambil di secara prasmanan di belakang gerbong.

Selain itu, turut tersedia fasilitas Entertainment on Train (EOT) yang disediakan oleh PT Telkom Indonesia, yakni berupa sambungan Wireless Fidelity (WiFi) khusus untuk digunakan pada aplikasi WhatsApp.

Sebagai informasi, PT KA Pariwisata akan memberangkatkan kereta Argo Muria Priority sebanyak dua kali setiap harinya. Pemberangkatan awal dimulai di Stasiun Gambir, Jakarta, pukul 07.00 WIB, dan akan kembali ke Ibu Kota dari Stasiun Semarang Tawang pukul 16.00 WIB.

Secara tarif, akan tersedia tiket promo senilai Rp 480 ribu untuk sekali pemberangkatan selama kurang lebih satu bulan, atau hingga akhir September 2018. Pembelian tiket pun telah dijual lewat berbagai chanel sejak Sabtu, 25 Agustus 2018.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

 


Beroperasi Perdana, KA Pariwisata Gambir-Semarang Angkut 14 Penumpang

Argo Muria Priority merupakan kereta jurusan Gambir-Semarang yang diluncurkan PT KA Pariwisata. Foto: Liputan6.com/Maulandy

Sebelumnya, sebanyak 14 penumpang tampak mengisi kursi pada pemberangkatan perdana Kereta Api (KA) Pariwisata Argo Muria Priority, dengan rute Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Stasiun Semarang Tawang, Senin 27 Agustus 2018. Para penumpang berada di gerbong prioritas.

Argo Muria Priority merupakan kereta jurusan Gambir-Semarang yang diluncurkan PT KA Pariwisata. Terdiri dari 9 rangkai gerbong, di mana terdapat satu gerbong prioritas yang menempel di ujung belakang kereta. Adapun total kursi yang tersedia pada gerbong prioritas di kereta Argo Muria yakni sebanyak 28 kursi.

Manager Humas PT KA Pariwisata Syarifah Safia mengatakan, jumlah penumpang pada pemberangkatan awal yang hanya separuhnya ini wajar. Sebab, hari Senin merupakan waktu di mana warga Jakarta baru memulai hari untuk bekerja.

"Penumpang di awal-awal hari kerja sih yang dari Jakarta memang enggak begitu (ramai). Tapi kalau nanti balik dari Semarang full, rata-rata penumpang yang mau pada kerja semua," ungkap dia kepada Liputan6.com.

Dia menambahkan, pemberangkatan dari Jakarta cenderung akan terisi penuh bila waktu sudah bergeser menuju akhir pekan. "Biasanya kereta prioritas ini akan full kalau Jumat sih," sambungnya.

PT KA Pariwisata sengaja meluncurkan Argo Muria Priority ini demi memenuhi animo penumpang yang hendak berwisata di dalam kereta.

Untuk waktu pemberangkatan, kereta akan rutin diberangkatkan setiap hari dari Stasiun Gambir pukul 07.00 WIB, dan pulang ke dari Stasiun Semarang Tawang pukul 16.00 WIB.

Terkait tarif, KA Argo Muria Priority menetapkan harga promo selama kurang lebih satu bulan sampai akhir September sebesar Rp 480 ribu. Pembelian tiket sendiri telah dijual lewat berbagai Chanel sejak Sabtu, 25 Agustus 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya