Setara Kecepatan Mobil Balap, 4 Hewan Tercepat di Dunia

Bila dibandingkan hewan-hewan berikut ini, kecepatan berlari manusia tidak ada apa-apanya.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Sep 2018, 13:00 WIB
Cheetah tertawa terbahak-bahak? via: Comedy Wildlife Photography Awards

Liputan6.com, Jakarta - Menurut penelitian, kecepatan berlari manusia hanya 64 km/jam, meskipun ada pengecualian untuk para atlet. Namun tetap saja, bila dibandingkan hewan-hewan berikut ini, kecepatan tersebut tidak ada apa-apanya.

Melansir dari listamaze, berikut hewan-hewan tercepat di dunia.

1. Cheetah - 75 mph

Cheetah disebut-sebut sebagai hewan darat tercepat di dunia. Kecepatan lari hewan ini bisa mencapai 75 mph atau 120 km/jam. Padahal hewan darat rata-rata kemampuannya hanya 40 mph.

Fisik Cheetah yang ringan, fleksibel, dan lincah membuatnya mudah bergerak dengan kecepatan tinggi. Malahan hewan ini hanya butuh waktu sekitar 3 detik saja untuk mengejar mangsa.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 


2. Rusa Thompson - 60 mph

doc: istimewa

Spesies terkenal di Afrika ini dinamai demikian karena penemunya bernama Joseph Thompson. Kecepatan lari hewan ini mencapai 60 mph atau sekitar 96 km/jam. Caranya mempertahankan diri dari predator adalah dengan berlari zig-zag secepat mungkin sehingga hampir tak mungkin menangkapnya.

 


3. Springbok - 55 mph

Springbok (AFP)

Kecepatannya hampir menyamai rusa Thompson. Springbok dapat berlari dengan kecepatan hingga 55 mph atau sekitar 88,5 km/jam.

Hewan ini punya kiri wajah putih dengan garis-garis gelap di sepanjang hidung. Springbok biasa ditemukan di bagian selatan dan barat daya Afrika.

 


4. Antelop - 50 mph

doc: istimewa

Mamalia yang satu ini bentuknya seperti kambing dengan tanduk spiral di kepalanya. Antelop mudah ditemui di India, Nepal, dan Pakistan. Kecepatan larinya mencapai 50 mph atau sekitar 80 km/jam.

Reporter: Hira Hilary Aragon

Sumber: Brilio.net

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya