Cuma 25 Karyawan Tersisa, Telltale Games Bakal Ditutup

Informasi ini diungkap langsung oleh Telltale Games melalui akun Twitter-nya.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 24 Sep 2018, 12:30 WIB
Batman dan Catwoman di salah satu cuplikan Batman: The Telltale Series (Sumber; The Verge)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari salah satu developer gim yang kerap menawarkan gim ber-genre kisah episodik, yakni Telltale Games.

Pengembang asal Amerika Serikat (AS) itu dilaporkan akan berhenti beroperasi.

Dikutip dari Fortune, Senin (24/9/2018), informasi ini diungkap langsung oleh Telltale Games melalui akun Twitter-nya. Sebagai langkah awal, pengembang sudah merumahkan sebagian besar karyawan.

Saat ini, hanya tersisa 25 karyawan saja yang bertahan. Mereka dipertahankan untuk menyelesaikan proses obligasi untuk direksi dan rekanan Telltale Games.

"Saat ini merupakan tahun yang sulit bagi Telltale mengingat kami berupaya untuk melangkah ke tahap baru. Sayangnya, kami kehabisan waktu," tutur CEO Telltale Games Pete Hawley.

Menurut Hawley, Telltale sebenarnya merilis sejumlah konten gim terbaik di tahun ini dan menerima respon positif. Namun, hal tersebut tidak berimbas pada penjualan.

"Dengan berat hati, kami menyaksikan teman-teman meninggalkan Telltale untuk menyebarkan kisah bertutur kami ke seluruh penjuru industri gim," ujar Hawley melanjutkan.

Sementara itu, informasi lebih lanjut mengenai portofolio produk Telltale akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan.

Telltale sendiri sebenarnya baru merilis episode pertama dari gim The Walking Dead: The Final Season bulan lalu.

Kabar ini juga datang tidak lama usai ada laporan dari The Verge mengenai kultur kerja berlebihan dan manajemen yang buruk.

Tahun lalu, perusahaan merumahkan 90 karyawan yang berarti sekitar 25 persen dari total keseluruhan pegawai.


Garap Gim Guardians of the Galaxy

Gim Guardians of the Galaxy versi Telltale. (Foto: Telltale Games)

Sekadar informasi, Telltale merupakan salah satu pengembang gim yang sukses dengan menawarkan judul seri gim episodik. Kebanyakan kisahnya merupakan adaptasi serial TV atau film.

Beberapa judul gim yang pernah dirilis adalah Game of Thrones dan Batman. Lalu pada 2017, perusahaan juga mengumumkan kehadiran gim yang mengadopsi kisah Guardian of the Galaxy.

Hadirnya gim Guardians of the Galaxy sendiri sengaja diumumkan bersamaan dengan rilis trailer terbaru sekuel dari Guardians of The Galaxy, yaitu Guardians of the Galaxy Volume II.


Gim Batman dengan Balutan Khas Telltale Games

Pihak Telltale masih belum membocorkan seperti apa tampilan karakter Batman dan cerita yang akan digulirkan.

Salah satu gim besutan Telltale lain yang juga menarik adalah adaptasi dari kisah Batman. Kisah Batman ala Telltale ini diklaim orisinil dan tidak akan ada sangkut pautnya dengan seri gim Batman besutan Warner Bros maupun seri film lain. 

Episode pertamanya, "Realm of Shadows" sendiri sudah melenggang pada 2 Agustus 2016 untuk PS3, PS4 dan Xbox One.

Dalam gim ini, pemain dapat berperan sebagai Batman sekaligus sosok Bruce Wayne. 

"Saya lebih berharap para pemain nantinya ingin berpikir 'Bagaimana rasanya ya bermain gim Batman dengan karakter Bruce Wayne ketimbang Batman-nya?," tutur CEO Telltale, Kevin Bruner ketika itu.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya