Kue Bulan yang Tradisional Vs Milenial, Pilih Mana?

Perayaan kue bulan hadir untuk menyambut awal kedatangan musim gugur oleh seluruh masyarakat Tiongkok.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 27 Sep 2018, 07:01 WIB
Kue bulan kulit salju

Liputan6.com, Jakarta Perayaan kue bulan tahun ini jatuh pada bulan September. Perayaan ini dikenal sebagai hari raya kedua setelah Imlek oleh masyarakat Tiongkok.

Momentum yang dirayakan sekali dalam setahun ini dipercaya masyarakat Tiongkok sebagai simbol untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan juga ditandai sebagai awal musim gugur.

Dalam beberapa bulan terakhir, kue bulan kulit salju menjadi populer ketika banyak orang mulai melakukan inovasi.

Kulit salju sebagai pelapis dari kue ini terbuat dari campuran tepung beras ketan dan tepung lainnya sementara untuk isiannya terbuat dari bahan yogurt, sangat sesuai dengan lidah para milenial zaman sekarang.


Pemeriksaan gerai kue bulan

Kue bulan kulit salju

Namun, laporan baru mengungkapkan bahwa kue bulan kulit salju mudah terkontaminasi bakteri dan kuman karena kurangnya panas dalam proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan.

Pihak berwenang dari Tiongkok baru-baru ini melakukan pemeriksaan pada 153 gerai menjual kue bulan yang sudah terkontaminasi. Tidak mengherankan bahwa kue bulan yang terkontaminasi tersebut terbuat dari kulit salju.

Seorang ahli dalam industri industri ini menunjukkan bahwa kue bulan kulit salju lebih rentan untuk terkontaminasi karena memiliki lebih sedikit minyak, gula dan garam yang merupakan pengawet alami.

Inilah yang membandingkan kue bulan tradisional lebih awet dan tidak cepat berjamur jika dibandingkan dengan kue bulan kulit salju.

Selain itu, kue bulan kulit salju tidak melalui proses memanggang di bawah suhu tinggi sehingga bakteri tidak dapat dibunuh secara efektif.


Cara efektif menyimpan kue bulan

Kue bulan kulit salju

Tak perlu takut berjamur, jika Anda tahu cara menyimpan kue bulan kulit salju ini Anda masih tetap bisa menikmatinya.

Biasanya, jenis kue bulan yang halus ini tidak boleh disimpan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam.

Idealnya, kue bulan sebaiknya selalu disimpan dalam lemari pendingin menggunakan wadah yang sudah disediakan oleh produsen.

Jika Anda memesan beberapa kotak kue bulan, sebaiknya Anda mengonsumsi dalam jangka satu atau dua hari karena kemungkinan bahwa dapur pembuatan kue bulan di pabrik tidak bersih dan steril.

Selamat mencoba!

Penulis: Immanuela Harlita Josephine

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya