Cerita Bartender Alim Peserta Kompetisi Bartender Dunia di Amsterdam

Bartender asal Jerman yang berkompetisi di tingkat dunia itu mengaku tak suka minum alkohol dan bir.

oleh Gabriel Abdi Susanto diperbarui 10 Okt 2018, 22:15 WIB
Errol Kim Barbosa (kiri), saat menghadapi bartender asal Malaysia Daimler Kenn Cagas. (Liputan6.com/Gabriel Abdi Susanto)

Liputan6.com, Amsterdam - Bartender satu ini agak unik. Ia tidak suka minum alkohol dan bir, tidak merokok, dan tidak melakukan seks bebas.

"Ya suka menyajikan bir atau minuman alkohol lain," ujar Errol Kim Barbosa (25) saat bincang-bincang dengan Liputan6.com di sela persiapan pertandingan final kompetisi bartender dunia di Amsterdam, Selasa, 9 Oktober 2018.

Kim yang baru enam bulan menjalani profesi sebagai bartender menyenangi pekerjaan ini karena bisa bercakap-cakap dengan banyak orang. "Saat menyajikan minuman apapun, saya suka chit-chat dengan tamu. Dan kalau mereka senang, saya juga senang," ujar Kim.

Meski pemain baru, Kim yang berdarah Jerman ini berhasil mengalahkan 24 teman bartender senegaranya sebelum akhirnya ke Amsterdam melawan 15 bartender lain dari seluruh dunia. "Ini pengalaman saya yang pertama kali dan langsung bisa menang. Juga pengalaman pertama kali ke luar negeri," ujar Kim.

Dalam sesi final Senin malam, 8 Oktober 2018, di Gedung Heineken Experience, Amsterdam, Belanda, Kim berhasil masuk babak perempat final. Sayang, ia dikalahkan oleh bartender asal Malaysia, Daimler Kenn Cagas.

"Saya cukup puas dengan hasilnya. Setidaknya saya sudah berupaya keras menjadi yang terbaik," ujar Kim.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya