Buruh Maspion I Kembali Turun ke Jalan

Sekitar empat ribu buruh Maspion I long march ke pabrik Maspion II mengajak rekannya ikut mogok memprotes aturan kerja lima hari. Jalur lalu lintas Surabaya menuju Sidoarjo macet total.

oleh Liputan6 diperbarui 27 Jun 2002, 14:36 WIB
Liputan6.com, Sidoarjo: Sekitar 4.000 buruh PT Maspion Unit I kembali turun ke jalan di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (27/6). Aksi hari ketiga ini dilakukan untuk menentang aturan kerja lima hari yang menurut rencana akan dilaksanakan per 16 Juli mendatang. Massa mulai bergerak dari pabrik Maspion I di Waru, Sidoarjo, sekitar pukul 08.00 WIB, setelah mengisi data kehadiran. Mereka berjalan kaki menuju Maspion II di Buguran, yang berjarak enam kilometer dari tempat kerja mereka. Seluruh produksi Maspion tak berjalan.

Sebelumnya, polisi telah menawarkan angkutan untuk membawa massa ke Maspion II. Tapi, usulan itu ditolak. Demonstran lebih senang berjalan kaki bersama. Akibatnya jalur lalu lintas dari Surabaya menuju Sidoarjo macet total. Mereka berencana mengajak rekannya di Maspion II untuk mogok kerja. Sesampai di tempat tujuan, mereka mendesak manajemen Maspion mengizinkan sekitar 6.000 karyawan meninggalkan pabrik. Akhirnya, manajemen mengabulkan permintaan pengunjuk rasa.

Kali ini, para pengunjuk rasa berjanji akan meneriakkan tuntutan mereka secara damai. Mereka tak mau bersikap anarkis dan mengulang bentrokan dengan polisi seperti yang terjadi Rabu kemarin [baca: Demonstrasi Karyawan Maspion Diwarnai Bentrok dengan Polisi]. Menurut rencana, sekitar pukul 14.00 WIB ini akan digelar pertemuan antara pihak manajemen dan serikat pekerja untuk membahas pemberlakuan aturan lima hari kerja.(TNA/Joko Sulistyobudi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya