Kemkominfo: Gim Jadi Bagian Ekonomi Digital di Indonesia

Industri gim memiliki market yang besar sehingga diharapkan mampu mendorong pembuat gim lokal untuk lebih bergeliat.

oleh Iskandar diperbarui 04 Nov 2018, 08:00 WIB
Opening Speech Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan. Dok: Game.ly

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah platform gim live streaming, Game.ly, memberikan wadah bagi para mobile gamer generasi muda menyalurkan bakat dan kegemarannya terhadap dunia gim.

Pekembangan esports di Indonesia sangatlah meroket dlihat dari antusiasme yang semakin meningkat, ditambah pertandingan esports telah digelar pada ajang Asian Games 2018.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan bahwa Game.ly telah menjadi bagian dari digital economy Indonesia, di mana industri gim memiliki market yang besar sehingga diharapkan mampu mendorong pembuat gim lokal untuk lebih bergeliat di mana karyanya dapat ditampilkan di platform Game.ly.

"Selain itu, konten yang disajikan pada sebuah platform juga harus diperhatikan, seperti saat ini para game developers telah memiliki panduan untuk mengembangkan konten yang sesuai dengan ketentuan klasifikasi usia Indonesian game rating system (IGRS)," ujar Samuel dalam keterangannya, Minggu (4/11/2018).

Sementara Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko memaparkan bahwa pemerintah aware terhadap esports dan mendukung secara penuh kemajuan esports di Indonesia. Para gamer diharapkan dapat menjadi insan-insan yang menoreh prestasi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Penyedia platform seperti Game.ly harus memperhatikan kesejahteraan, baik streamer-nya maupun viewers. Mulai dari sisi konten dan lainnya, sukses terus untuk para gamers dan Game.ly," kata Moeldoko.

 

 


70 Game Influencers

Pemaparan dukungan terhadap esports dan Game.ly oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Dok: Game.ly

Di Game.ly, para penggemar gim bisa merasakan pengalaman menonton live streaming yang disiarkan oleh para streamer Game.ly, mulai dari tim esports yang didukung oleh Game.ly antara lain Bigetron eSpots dan XCN Gaming hingga para game influencers.

Tidak hanya menonton, Game.ly mendorong para pecinta gim untuk ikut menjadi streamer dan mengembangkan bakat mereka di sini.

Saat ini, Game.ly telah memiliki lebih dari 70 game influencers yang telah bergabung, seperti MiawAug, Tara Arts Game Indonesia, Qorygore dan masih banyak lainnya. Selain itu, selebritas seperti Atta Halilintar dan Stefan William juga salah satu streamer di Game.ly.

“Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap dunia gim begitu besar, berbagai gim telah menarik perhatian penggemar gim di Indonesia. Banyak pemain yang berpotensi di luar sana semakin banyak bermunculan. Oleh karena itu Game.ly menjadi rumah tempat bertemunya berbagai komunitas gim untuk saling berbagi,” ucap Ryan Lymn, Vice President Game.ly Indonesia.

“Game.ly berkomitmen untuk menjadi online platform terbaik yang dapat digunakan para pecinta gim online di Indonesia,” sambungnya.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya