Situs Pasar Saham dan Penerbangan Israel Dibajak

Dua situs penting Israel, pasar modal dan penerbangan, berhasil dibajak peretas, menyebabkan sedikit gangguan.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Jan 2012, 20:50 WIB
Liputan6.com, Tel Aviv: Situs pasar saham Israel dibajak peretas yang berhasil melumpuhkan situs tersebut sehingga dilaporkan mengganggu pasar modal. Bukan itu saja, situs penerbangan Israel juga dibajak, mengakibatkan jadwal penerbangan terganggu.

Media Zee News mewartakan, Selasa (17/1), maskapai penerbangan El Al Israel Airlines terpaksa menutup situsnya setelah peretas yang dikaitkan dengan kelompok Arab Saudi, memperingatkan kedua situs itu akan menjadi sasaran sekutu peretas pro-Palestina. Para peretas mengku menyerang situs Israel untuk membalas tindakan sewenang-wenang Israel terhadap Palestina.

Sementara Orna Goren, juru bicara Tel Aviv Stock Exchange mengatakan, situs yang dibajak itu kewalahan oleh permintaan elektronik yang turun secara dramatis, tapi situs ini masih beroperasi karena perdagangan tak terpengaruh.

Para peretas disebutkan berbasis di Arab Saudi. Hacker menggunakan bahasa anti-Israel telah mengungkapkan bagaimana rentannya Israel dalam perang cyber.

Serangan dimulai awal bulan ini ketika hacker mengidentifikasi diri mereka sebagai grup-xp, kelompok hacker yang dikenal di Arab Saudi. Mereka mengaku telah memperoleh akses ke rekening ke 400 ribu kartu kredit Israel. Kelompok ini menyebutnya sebagai "hadiah bagi dunia untuk Tahun Baru" yang dirancang untuk suku Zionis.(AIS)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya