Belalang Menyerang Tanaman Jagung Petani

Hama belalang kembali mengganas dan terus menyerang tanaman jagung di Mariapata, Desa Ponu, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT.

oleh Liputan6 diperbarui 29 Jan 2012, 08:18 WIB
Liputan6.com, Mariapata: Hama belalang kembali mengganas dan terus menyerang tanaman jagung di Mariapata, Desa Ponu, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Hama belalang jenis kumbara ini menyerang seluruh tanaman jagung dari berbagai usia. Serangan bukanlah kali pertama. Sebelumnya hama belalang pernah menyerang 374 hektare ladang dan kemudian menghilang.

Namun, sejak pertengahan Januari lalu, hama belalang menyerang lagi. Bahkan, serangan meluas hingga mencapai 800 hektare ladang. Selain menyerang tanaman jagung, belalang juga menyerang bibit padi ladang yang sedang dalam persemaian siap tanam. Para petani dipastikan gagal panen dan mereka berharap pemerintah membantu pengadaan bibit kacang hijau sebagai ganti tanaman yang diserang.

Para petani setempat mengaku dinas pertanian sudah beberapa kali melakukan penyemprotan untuk membasmi belalang jenis kumbara, namun hal tersebut tidak berhasil. Bahkan, hama belalang semakin merebak hingga memasuki rumah penduduk di Desa Ponu.(ADO)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya