Resmikan 4 Ruas Tol Jatim, Jokowi: Jakarta-Surabaya Sudah Tersambung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur, Kamis (20/12/2018) pagi.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Des 2018, 10:35 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Merdeka.com/Titin Supriatin)

Liputan6.com, Ngawi - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur, Kamis (20/12/2018) pagi. Empat ruas tersebut yakni Ngawi-Kertosono (segmen Wilangan-Kertosono), Jombang-Mojokerto (seksi Bandar-Kertosono), Gempol-Pasuruan (seksi Pasuruan-Grati) dan Surabaya-Gempol (seksi relokasi Porong-Gempol).

"Dari pembukaan jalan tol di Jawa Timur artinya Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui kendaraan hari ini," kata Jokowi saat peresmian di ruas Tol Ngawi-Kertosono.

Dia menyebut empat ruas tol ini sepanjang 59 km. Jokowi berharap, dibukanya ruas tol ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang hendak menempuh perjalanan dari Surabaya ke Jakarta.

"Mau jalan lama silakan, mau jalan ini silakan. Saya kira alternatif pilihan perlu diberikan ke masyarakat," ucap Jokowi.

 

*Seperti apa wujud fisik jalan tol Trans Jawa? Anda dapat menyaksikan di acara Jalan Bareng Yuk Ekspedisi Tol Trans Jawa pada 24 Desember 2018 Pukul 09.00-10.00 WIB di SCTV

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Memudahkan Pengiriman Logistik

Presiden Jokowi saat meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Merdeka.com/Titin Supriatin)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menginginkan rampungnya empat ruas tol di Jatim memudahkan pengiriman logistik ke Surabaya. Termasuk mempercepat waktu tempuh Surabaya ke Jakarta.

"Kita juga ingin integrasikan kawasan industri, kawasan ekonomi khusus dengan kawasan wisata yang ada di sekitar tol," tandasnya.

Saat meresmikan empat ruas tol, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya