Waktu Ideal Buat Timbang Badan, Haruskah Setiap Hari?

Kalau dilakukan terlalu sering, menimbang berat badan justru bisa memicu stres.

oleh Henry Hens diperbarui 24 Des 2018, 16:01 WIB
Menimbang Berat Badan. (Foto: medifastblog.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Memantau berat badan rutin dilalukan oleh mereka yang sedang melakukan diet. Menimbang badan juga penting dilakukan untuk menghindari kondisi tak diinginkan seperti obesitas yang bisa memicu timbulnya penyakit seperti diabetes, darah tinggi, kolesterol, dan lainnya.

Tapi,perlukah menimbang badan setiap hari?  Dilansir dari Shape, 12 Desember 2018, kalau dilakukan terlalu sering, menimbang berat badan justru bisa memicu stres.  Itu karena berat badan manusia selalu naik dan turun dengan cepat.Bisa saja berat badan Anda di pagi hari berbeda dengan saat malam tiba.

Hal itu dipengaruhi oleh sistem metabolisme tubuh. Namun menimbang berat badan tidak perlu dilakukan setiap hari. Cukup sekali saja dalam seminggu untuk mengecek perubahan berat badan.

Yang paling ideal adalah timbang berat badan di pagi hari setelah buang air kecil sebelum mengonsumsi apapun.Cara tersebut akan memberikan hasil timbangan berat badan yang akurat. Jangan pernah menimbang berat badan di malam hari saat perut sudah terisi penuh.

Jadi, tidak perlu khawatir kalau berat badan bertambah saat menimbang di malam hari.  Selain berat badan, Anda yang melakukan diet juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Pastikan makanan yang masuk ke tubuh bergizi seimbang agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain. Imbangi dengan olahraga Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan frekuensinya tidak berlebihan.

Normalnya, olahraga dilakukan minimal 150 menit dalam seminggu dan tetap memperhatikan kondisi tubuh. Yang penting dilakukan secara rutin agar berat badan cepat turun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya