Tanah Longsor Terjang Resepsi Pernikahan di Peru, 15 Orang Tewas

Tanah longsor menimpa sebuah hotel di wilayah tenggara Peru menyebabkan 15 orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

oleh Happy Ferdian Syah Utomo diperbarui 28 Jan 2019, 09:03 WIB
Ilustrasi Longsor

Liputan6.com, Andanc - Sedikitnya 15 orang dilaporkan tewas ketika tanah longsor menghantam sebuah hotel di Peru tenggara. Saat bencana terjadi, sedang berlangsung sebuah resepsi pernikahan. Longsor mengakibatkan puluhan warga lainnya terluka.

Dampak longsoran berisi lumpur dan bebatuan merusak dinding dan atap bangunan ketika orang-orang tengah berdansa, lapor BBC pada Senin (28/1/2019).

Sementara itu, sebanyak 29 orang dinyatakan dalam kondisi kritis setelah berhasil ditarik dari puing-puing reruntuhan pada hari Minggu di Kota Andanc yang terletak di kaki Dataran Tinggi Andean.

Media Peru melaporkan bahwa insiden itu terjadi selama hujan lebat di daerah tersebut.

Sekitar 100 orang tamu hadir di Hotel Alhambra pada saat kejadian, kata Kepala Lembaga Pertahanan Sipil Nasional (Indeci) Peru, Jorge Chavez, kepada media setempat.

Sekitar 50 orang diyakini berada di dekat salah satu dinding yang runtuh, katanya.

Di lain pihak, tim SAR Peru mengatakan bahwa pencarian diteruskan pada hari Senin, dengan kemungkinan beberapa korban lain masih terjebak di dalam reruntuhan.

 

Simak video pilihan berikut: 

 


Jebolnya Pertahanan Longsor

Ilustrasi longsor (Liputan6.com)

Serangkaian foto yang diunggah di media sosial oleh Indeci menunjukkan tim penyelamat melakukan evakusi melalui puing-puing, dan mengangkut para korban yang berhasil ditarik dengan tandu.

Wali Kota Abancay, Guido Chahuaylla, mengatakan bahwa segala upaya telah dilakukan untuk memastikan bahwa penyelamat dapat menjangkau mereka yang terjebak di reruntuhan.

Mereka yang terluka dibawa ke rumah sakit setempat, tambahnya.

Media setempat melaporkan bahwa Hotel Alhambra terletak dekat dengan sebuah lereng yang curam.

Adapun dinding yang runtuh ke dalam gedung sejatinya dibangun untuk melindunginya dari risiko longsoran lumpur dan batu.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya