Alami Aneurisma Otak, Sebagian Tengkorak Emilia Clarke Diganti Titanium

Aneurisma otak yang dialami Emilia Clarke sempat membuatnya tak ingat nama sendiri.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 22 Mar 2019, 15:00 WIB
Aneurisma otak dialami Emilia Clarke membuat sebagian tengkoraknya diganti titanium. (AFP/Bintang.com)

Liputan6.com, Los Angeles - Emilia Clarke baru saja mengeluarkan pengakuan yang mengejutkan penggemarnya. Pemeran Daenerys Targaryen dalam serial populer Game of Thrones ini mengaku bahwa dirinya pernah dua kali mengalami aneurisma otak.

Dalam keterangan di Web MD, aneurisma otak adalah tonjolan di pembuluh darah dalam organ tersebut. Dalam kasus tertentu, tonjolan ini bisa membesar, bocor, bahkan meletus.

Emilia Clarke mengungkap kondisi yang dialaminya ini dalam kolom yang diterbitkan oleh New Yorker, Kamis (21/3/2019).

Aktris Me Before You ini mengungkap bahwa serangan pertama ia alami pada 2011, beberapa waktu setelah ia menyelesaikan syuting musim perdana Game of Thrones. Kala itu, ia baru berusia 24 tahun.

Saat itu, ia sedang berolahraga dan melakukan gerakan plank. "Aku langsung merasa ada karet gelang yang menekan otakku. Aku mencoba tidak menghiraukan rasa sakit itu dan memaksakan diri, tapi tidak bisa," tutur Emilia Clarke.

Saking sakitnya, Emilia Clarke lantas hampir merangkak menuju ruang loker di pusat kebugaran tersebut. Ia menuju toilet, jatuh berlutut, dan merasa dirinya sangat sakit.

"Sementara itu rasa sakit yang menembak, menusuk, dan menekanku, makin bertambah parah. Pada titik tertentu aku tahu apa yang terjadi: otakku rusak."


Tak Ingat Nama Sendiri

Emilia Clarke. (AFP/Bintang.com)

Ia lantas dibawa ambulans menuju rumah sakit dan menjalani pemeriksaan lewat MRI. Hasilnya, ditemukan pendarahan di otaknya, yang disebut subarachnoid hemorrhage (SAH). "Setelahnya aku tahu bahwa sepertiga pasien SAH meninggal dunia dalam waktu cepat," tuturnya.

Tak ada jalan lain, ia harus menjalani operasi di otaknya. Setelahnya, Emilia Clarke terbangun dalam keadaan kesakitan. Tak hanya itu, ia juga kesulitan mengingat namanya saat ditanya oleh suster.

"Nama lengkapku Emilia Isobel Euphemia Rose Clarke. Tapi aku tidak bisa mengingatnya. Aku malah meracau dan menjadi panik setengah mati," tuturnya.


Alasan Menceritakan Penyakitnya

Emilia Clarke. (AP Photo)

Setelah menjalani perawatan, kondisi Emilia Clarke akhirnya membaik. Namun, dokter menyatakan bahwa ia memiliki aneurisma kedua yang lebih kecil di sisi otaknya yang lain. Ia pun kembali menjalani operasi serupa pada 2013.

"Sebagian tengkorakku diganti dengan titanium," tuturnya.

Emilia Clarke yang mengaku sudah merasa sehat, mengatakan ia membuka ceritanya ini demi orang-orang yang senasib dengannya. Ia berpartner dengan lembaga bernama SameYou, yang bertujuan untuk menyediakan perawatan untuk orang yang mengalami cedera otak dan stroke.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya