Telegram Mungkinkan Pengguna Hapus Pesan di Smartphone Teman

Pembaruan aplikasi Telegram memungkinkan pengguna menghapus pesan mereka dari perangkat mereka sendiri dan orang lain.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 26 Mar 2019, 17:30 WIB
Ilustrasi Telegram. (Doc: Newsweek)

Liputan6.com, Jakarta - Telegram disebut-sebut mendapatkan tambahan 3 juta pengguna saat Facebook sempat down beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, belum lama ini juga, Telegram menghadirkan versi terbaru aplikasi mereka yang bisa diunduh di iOS, Android, dan web.

Pembaruan ini memungkinkan pengguna menghapus pesan mereka dari perangkat mereka sendiri dan orang lain.

Sebelumnya, Telegram memberi waktu pengguna selama 48 jam untuk menghapus pesan yang mereka kirimkan, baik dari perangkatnya sendiri maupun dari smartphone teman.

Kini, batasan itu telah dihapus, sehingga pengguna bisa menghapus pesan mereka baik di perangkat sendiri maupun smartphone orang lain kapanpun, tidak dibatasi waktu.

Founder Telegram, Pavel Durov mengatakan, update ini digulirkan untuk membantu orang mengontrol riwayat pesannya di internet.

"Pesan lama yang telah kamu lupakan bisa disalahgunakan konteksnya dan dipakai untuk melawanmu. Teks yang dikirim ke seorang pacar di sekolah (mungkin) bisa menghantui kamu di 2030, ketika kamu misalnya mencalonkan diri sebagai walikota. Kita harus mengakui, terlepas dari semua progress kami dalam enkripsi dan privasi, kami memiliki sedikit kontrol data yang sebenarnya," kata Durov.


Hapus Pesan di Kedua Sisi

Ilustrasi Telegram (Sumber: Iran Human Rights)

Lebih lanjut, Durov menyebutkan, Telegram memungkinkan semua penggunanya untuk menghapus pesan yang mereka kirimkan, di smartphone si pengirim pesan maupun penerima pesan.

Durov mengatakan, memberi kebebasan untuk melepaskan diri dari kelalaian masa lalu merupakan jantung dari kemampuan Telegram yang baru, ditambah dengan kemampuan untuk membersihkan seluruh riwayat obrolan.

Meski demikian, implementasi Telegram atas tindakan privasi baru ini dapat menjadi bumerang. Pasalnya, ketika seseorang menghapus pesan mereka, tidak ada pemberitahuan pesan obrolan pernah ada sebelumnya.

Tak hanya memperluas penghapusan pesan, Telegram juga memperbarui fitur pencarian emoji dan GIF mereka.

Telegram juga menambakan set stiker baru yang mirip dengan tokoh Vladimir Putin, Gabe Newell, Snoop Dog, Ryan Gosling, Borat, Bender, dan Yolandi dari Die Antwoord.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya