Begini Cara Rossi dan Vinales Perbaiki Waktu di FP2 MotoGP Argentina

Rossi dan Vinales mulai nyaman gunakan motor di MotoGP Argentina.

oleh Defri Saefullah diperbarui 30 Mar 2019, 14:00 WIB
Valentino Rossi mampu memperbaiki catatan waktu lap di MotoGP Argentina (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi dan Maverick Vinales menjalani hari yang sulit saat latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Argentina dimulai pada Jumat (29/3/2019) di sirkuit Termas de Rio Hondo. Rossi dan Vinales hanya mampu mencatatkan waktu ke-10 dan 18 terbaik.

Trek kotor membuat ban motor kedua pembalap Monster Energy Yamaha melintir. Namun seiring mulai bersihnya lintasan dan perubahan setelan mesin, Rossi dan Vinales akhirnya memperbaiki catatan waktu.

Vinales sukses meraih posisi ketiga, sedangkan Rossi keenam pada FP2 MotoGP Argentina. Keduanya hanya berjarak 0,260 detik dari Andrea Dovizioso.

"Start hari ini cukup merepotkan karena para pembalap kesulitan atasi ban yang melintir, utamanya Vinales. Kami harus menghabiskan cukup banyak waktu untuk atasi ini, tapi akhirnya kedua pembalap bisa merasa nyaman di akhir FP2 MotoGP Argentina," kata manajer Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli seperti dikutip crash.

"Trek ini benar-benar berbeda dibandingkan Qatar, permukaannya sangat berbeda. Ban juga bekerja dengan cara berbeda, jadi kami harus merekam seluruh informasi hari ini dan bekerja keras.Soalnya motor belum di puncak penampilan," Vinales menimpali.

 

 


Syarat Menang

Maverick Vinales saat beraksi di lintasan Termas de Rio Hondo Argentina (JUAN MABROMATA / AFP)

Vinales mengatakan timnya harus bekerja cepat agar bisa memperbaiki kekurangan jelang FP3 dan sesi kualifikasi yang bakal digelar malam nanti. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan teknisi.

"Paling utama grip di ban belakang. Di Qatar kami punya banyak grip, tapi kami kesulitan. Kami harus pastikan lagi soal banyak hal, mencoba untuk memperbaiki kekurangan. Kita tunggu saja," ujarnya.

"Kami melakukan hal hebat hari ini. Kami memperbaiki banyak hal pagi ini, tapi ritme kami harus antara 1 menit 39 detik agar bisa memenangkan balapan. Tentu saya akan mencoba raih pole."


Rossi Puas

Sementara itu, Rossi puas dengan kinerja tim pada FP2 di hari Jumat. Utamanya dengan pilihan ban yang berjalan lancar.

"Kami bekerja bagus dengan motor dan ban. Saya merasa enak. Kami juga menggarap akselerasi dengan ban bekas, saat saya memakai ban lunak di sore hari, saya bisa memperbaiki waktu lap cukup banyak. Saya memang di posisi keenam, tapi kami semua begitu dekat," ujar Rossi.

"Sekarang kami harus bekerja untuk memperbaiki grip dan mencoba lebih kencang. Namun kesan pertama positif."

Yamaha mengincar podium pertama pada MotoGP Argentina nanti. Di Qatar, mereka hanya bisa meraih posisi lima dan tujuh.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya