Setelah P30 Pro Muncul, Siapa Jagoan untuk Kamera Smartphone?

Samsung S10+, iPhone XS MAX, dan Huawei P30 dinilai menjadi smartphone berteknologi mumpuni. Kira-kira dari ketiga smartphone itu, siapa yang paling unggul?

oleh Reza pada 02 Apr 2019, 09:30 WIB
Beberapa tahun ini, pertarungan pasar smartphone semakin tinggi. Para produsen berlomba-lomba menciptakan ponsel dengan teknologi terbaik. Mulai kualitas kamera, layar, dan fitur-fitur lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun ini, pertarungan pasar smartphone semakin tinggi. Para produsen berlomba-lomba menciptakan ponsel dengan teknologi terbaik. Mulai kualitas kamera, layar, dan fitur-fitur lainnya.

Sebut saja Samsung S10+, iPhone XS MAX, dan Huawei P30. Ketiga ponsel tersebut dinilai menjadi smartphone berteknologi mumpuni. Kira-kira dari ketiga smartphone itu, siapa yang paling unggul?

Samsung S10+

 

 

Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty

Samsung Galaxy S10 resmi diperkenalkan pada 20 Maret di San Fransisco. Seri tersebut menjadi salah satu smartphone unggulan dan paling mahal di pasaran pada saat peluncurannya.

Samsung memasang fitur-fitur baru, seperti tiga kamera, sensor sidik jari dalam layar ultrasonik, kapasitas penyimpanan hingga satu terabyte, serta layar quad HD + AMOLED yang melengkung dan baru.

Samsung telah memberikan peningkatan fitur kamera yang signifikan dengan sistem triple kamera belakang. Juga fitur fotografi meningkat, seperti zoom yang ditingkatkan dan fitur low-light.

Samsung S10+ memiliki kamera dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada Telephoto  Camera 12 MP, Wide-Angle Camera 12 MP, dan Ultra Wide Camera 16 MP yang mampu menangkap hingga 123 derajat.

Selain itu, Samsung S10+ memiliki daya tahan baterai 4.100 mAh. Samsung juga memperkenalkan Wireless PowerShare pada Galaxy S10 dan S10+.

iPhone XS MAX

 

 

iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR di iBox (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Tahun 2018 menjadi momen Apple memperkenalkan produk iPhone terbarunya. Produsen asal Amerika Serikat itu menghadirkan iPhone XS. Hadir dalam dua model, iPhone X dan iPhone XS MAX, smartphone ini memiliki desain identik dengan pendahulunya.

Untuk iPhone XS MAX memiliki desain layar edge-to-edge alias bezeless dengan notch di bagian atas. Dalam notch terdapat sejumlah sensor, seperti kamera depan, infrared, flood illuminator, sensor ambient light, proximity, microphone, dan dot projector.

Selain itu, smartphone tersebut dipersenjatai prosesor terbaru yaitu A12 Bionic. Prosesor ini dibekali teknologi Neural Engine dan memiliki 6,9 miliar unit transistor dengan CPU 6 inti.

Mengenai memory, Apple menyediakan tiga pilihan kapasitas penyimpanan untuk kedua iPhone tersebut, yakni 64GB, dan 128GB, dan 256GB.

Bicara fotografi, Apple menghadirkan konfigurasi kamera utama ganda iPhone XS Max yang dengan resolusi 12MP. Keperluan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 7MP.

Huawei P30 Pro

 

 

Bocoran bentuk Huawei P30 Pro. (Doc: DigitalTrends)

Tak tinggal diam, produsen asal Tiongkok, Huawei juga mempersembahkan smartphone dengan teknologi nomor satu yaitu Huawei P30 Pro. Mengandeng brand kamera, Leica, Huawei demi menggarap lensa kamera smartphone tersebut lebih canggih lagi.

P30 Pro memiliki konfigurasi kameranya yang semakin mumpuni berkat resolusi 40MP berbekal teknologi SuperSensing.

Selain itu, lensa smartphone ini memiliki sensor utama wide-angle 40MP, ultra-wide 20MP, telephoto 5X 8MP dan lensa Time of Flight depth-sensing dengan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom. Wow!

Lensa utama dan telephoto kamera ini memiliki OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu mengurangi motion blur dan meningkatkan kualitas low light. Huawei P30 Pro juga memiliki fitur AI HDR+ yang mampu mengatur tingkat eksposur pada foto.  

P30 Pro tersedia dalam opsi varian RAM 8GB dengan memori internal 128GB, RAM 8GB dengan memori internal 256GB, dan RAM 8GB dengan memori internal 512GB.

Kamera terbaik

Dari perbandingan di atas, Huawei P30 Pro menang telak dari sisi kualitas fotografi. Bekerjasama dengan Leica menjadikan smartphone itu memiliki kualitas kamera yang mumpuni.

Dengan kekuatan 40MP+20MP+telephoto 5X 8MP serta teknologi SuperSensing menjadikan Huawei pilihan smartphone bagi Anda pecinta fotografi.

Berikut perbandingan spesifikasi ketiga smartphone tersebut:

 

 

 

 

 

 

perbandingan spesifikasi Huawei P30 Pro, Samsung S10+, dan iPhone XS MAX

Jadi, pilih yang mana?

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya