Waspada, Ini 3 Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi

Apa saja efek yang bakal terjadi ketika Anda terlalu mengonsumsi kopi? Simak rangkumannya berikut ini.

oleh Putu Elmira diperbarui 09 Apr 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi kopi (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Minum kopi tidak hanya sebagai penghilang rasa kantuk, tetapi juga telah masuk dalam gaya hidup masyarakat saat ini. Saat nongkrong, meeting, hingga sekadar bersantai kopi selalu menjadi teman setia.

Kafein yang terkandung dalam kopi memang dapat diandalkan untuk memacu fokus dan membangkitkan energi. Namun ternyata, terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat berdampak tidak baik pada kesehatan.

Apa saja dampak yang dapat terjadi pada tubuh ketika Anda minum kopi terlalu banyak? Simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah.

1. Cemas

National Institute of Mental Health merekomendasikan orang yang menderita gangguan kecemasan untuk menghindari kafein. Bukan tanpa alasan tetapi terlalu banyak minum kopi dapat memperparah efek cemas.


2. Masalah Pencernaan

Ilustrasi sakit perut (dok. Pexels.com/rawpixel.com/Putu Elmira)

Kafein memang bisa mempercepat aktivitas usus besar, namun kafein juga tampaknya merangsang gerakan usus dengan meningkatkan peristaltik, kontraksi yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan.

Karena itu, tak heran jika dosis besar kafein dapat menyebabkan buang air besar, atau bahkan diare bagi yang tak terbiasa.


3. Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Kafein tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada kebanyakan orang. Telah terbukti bisa meningkatkan tekanan darah karena efek stimulasi pada sistem saraf.

Tekanan darah tersebut meningkatkan faktor risiko serangan jantung dan stroke karena dapat merusak arteri seiring waktu, sehingga membatasi alirasn darah ke jantung dan otak. (Fitri Andiani/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya