Rudy Djamil Meninggal Dunia, Begini Sosok Si Pencetus Nama 'Iwan Fals'

Rudy Djamil adalah artis senior Tanah Air yang meninggal dunia, hari Minggu kemarin.

oleh Loudia Mahartika diperbarui 13 Mei 2019, 14:40 WIB
Rudy Djamil (Foto: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia hiburan tanah air. Djoni Kemod atau kerap disapa Rudy Djamil dikabarkan meninggal dunia pada hari Minggu, 12 Mei 2019 lalu pukul 15.00 WIB di usianya ke 74 tahun. Kabar duka tersebut terdengar luas setelah seorang wartawan senior Adib Hidayat memosting ucapan di akun media sosial Twitternya.

"Selamat jalan Kang Rudy Djamil, komedian, penyiar radio, MC, dan aktor tutup usia hari ini. Beliau pernah ikut jadi bintang tamu di album Bimbo," tulis Adib Hidayat pada Minggu (12/5/2019) dikutip dari Twitter oleh Liputan6.com, Senin (13/5/2019).

Rudy Djamil meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Bandung. Sosoknya yang telah lama di dunia hiburan tentu telah dikenal oleh banyak kalangan. Baik sesama artis maupun masyarakat luas.


Perjalanan Karier Rudy Djamil

Rudy Djamil (Foto: Facebook)

Rudy Djamil, seorang yang berbakat ini lahir pada tanggal 12 Agustus 1946. Ia merupakan lulusan dari Universitas Padjajaran jurusan Ilmu Komunikasi.

Semasa hidupnya, ia rela pergi dari Bandung ke Jakarta demi meniti kariernya. Rudy Djamil dikenal sebagai sosok yang bersahaja serta ramah.

Sosoknya yang berperan di salah satu film yang tentu masih diingat dan populer pada masanya yaitu ‘Si Kabayan dan Gadis Kota’ tahun 1989 yang dibintangi oleh Didi Petet dan Paramitha Rusady dikutip dari Kapanlagi.com. Rudy Djamil berperan sebagai Joni Kemod yang merupakan sahabat si Kabayan. Tak hanya itu, ia pernah menjadi pemeran pembantu di dalam film Drakula Mantu tahun 1974.

Rudy juga pernah tergabung dalam sebuah proyek sinetron Angkot Haji Imron tahun 1996 dan Ujang & Aceng tahun 1996. Ia pun juga aktif menjadi MC, penyiar radio dan komedian.


Memperkenalkan Nama Iwan Fals

SCTV Music Awards 2019 (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Saat terjun sebagai mc, Rudy Djamil memperkenalkan Virgiawan Listanto alias Iwan di sebuah acara, beberapa tahum silam. Mengutip dari berbagai sumber, saat Iwan akan menyanyi, ia justru meledeknya dengan suara fals.

Sejak itulah tercetus nama Iwan Fals yang kini juga menjadi salah satu artis legendaris penyanyi Indonesia.


Akibat Penyakit yang Diderita

Rudy Djamil. (Twitter @arriansam)

Kabarnya Rudy Djamil meninggal di Rumah Sakit Al-Islam, Bandung. Ia telah dirawat sejak 28 April 2019. Kondisinya yang saat itu mengalami sesak napas sehingga di rujuk ke rumah sakit.

Hal tersebut diketahui dari salah satu akun Twitter @arriansam yang menuliskan cuitan bahwa Rudy Djamil meninggal di Kota Bandung.

"Innalilahi Wa innailaihi Roji'un, telah pulang ke Rahmatullah, artis/komedian senior asal Jawa Barat, Rudy Djamil di RS Al-Islam Bandung, Minggu (12/5/2019) pukul 15.15 WIB akibat sakit yang dideritanya bertahun-tahun," tulis akun tersebut. 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya