132 Pegolf Ikuti Ciputra Golfpreneur Junior World 2019

132 pegolf dari 19 negara akan mengikuti Ciputra Golfpreneur Junior World 2019 yang diselenggarakan pada 21-23 di Damai Indah Golf PIK Course, Jakarta Utara.

oleh Defri Saefullah diperbarui 20 Mei 2019, 21:50 WIB
Kejuaraan dunia golf internasional untuk junior kembali digelar Ciputra Group di Damai Indah Golf PIK Course (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta 132 pegolf dari 19 negara akan mengikuti kejuaraan golf internasional bertajuk ATI Ciputra Golfreneur Junior World (ATI CGJW) 2019 yang berlangsung di Damai Indah Golf PIK Course, Jakarta Utara, 21-23 Mei 2019. Penyelenggaraan turnamen ini sudah diprakarsai DR. (HC). Ir. Ciputra sejak tahun tahun 1993 dan secara konsistendilaksanakan sampai tahun 2019.

Kejuaraan ini telah menjadi agenda tetap dalam rangkaian kejuaraan Persatuan Golf Indonesia setiap tahunnya dan tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-25. Panitia Penyelenggara menggandeng Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) sebagai sponsor utama turnamen internasional ini dan Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) sebagaipresenting sponsor. Bagi ATI dan AKI hal ini merupakan keterlibatan pertama dalam sebuah turnamen golf internasional.

"Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) merupakan organisasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola ruas jalan tol di Indonesia. Sebagai organisasi yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu, ATI mempunyai visi dan misi, membangun dan meningkatkan sarana pelayanan bagi pengguna jalan tol sebagai alternatif transportasi di Indonesia," kata Desi Arriyani, Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol.

"Selain itu, ATI juga memberikan dukungan kepada semua pihak. Termasuk mereka yang berkecimpung di dunia olahraga, seperti golf. ATI mendukung turnamen ini karena dari turnamen ini bisa memunculkan bibit-bibit pegolf junior yang berprestasi. Mereka nantinya dapat tampil di berbagai turnamen yang digelar di seluruhIndonesia.

Setiap tahun dalam pelaksanaannya, Panitia Penyelenggara berusaha untuk meningkatkan standar dan kualitas turnamen. Panitia bekerja sama dengan The Junior Golf Tour of Asia (JGTA), the sanctioning & governing institusi untuk junior golf turnamen di Asia Pacific dimana golf tumbuh dengan sangat pesat, JGTA, teregister melaksanakan rangkaian turnamen di 15 negara di Asia Pacific.

 

 


Dibagi 3 Divisi

Para peserta ATI Ciputra Golfpreneur Junior World 2019 sedang melakukan latihan jelang bergulirnya pertandingan (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Tahun ini terdapat perubahan ketentuan pertandingan dalam hal kategori umur yang semula terbagi ke dalam 4 divisi, tahun ini menjadi 3 divisi. Jumlah hari pertandingan yang semula 4 hari menjadi 3 hari dan ketentuan tidak menggunakan caddy bagi peserta berusia 12-18 tahun.

Kejuaraan ini memperebutkan piala Ciputra Golfpreneur untuk kategori Individual dan team untuk putra dan putri. Negara-negara peserta yang mengikuti ATI-CGJW adalah Australia, China, Republik Ceko, Chinese Taipei, Guam, India, Hong Kong, Indonesia, Japan, Malaysia, Myanmar, Macao, Philippines, Singapura, Afrika Selatan, Thailand, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Sebagai tuan rumah, Indonesia akan mengirimkan 26 pegolf terbaiknya. Beberapa pegolf Indonesia, yaitu juara Kejurnas 2019 Randy Bintang, Gabriel Hansel Hari, KentaroNanayama dan Jonathan Xavier Hartono, akan menjadi andalan untuk menjuarai nomor Individu untuk divisi Putra di sedangkan Aurelia Grace Nicole, Tiana Ivanka Porwanto, dan Marelda Pyrena Ayal di Divisi Putri.

"Kami bangga dapat menyelenggarakan turnamen ini secara konsisten setiap tahunnya yang dalam rangka meningkatan kualitas para pegolf muda, khususnya junior-juniorIndonesia. Melalui ATI-CGJW para pegolf junior. Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam level kompetisi internasional. Dengan demikian, mereka terbiasa bermain dalam atmosfer kompetisi yang tinggi," kata Nararya Ciputra Sastrawinata, Komisaris Damai Indah Golf.


Perbaiki Peringkat

Selain bentuk pembinaan, ATI-CGJW ini membuka peluang untuk memperbaiki peringkat para peserta turnamen di daftar pegolf amatir dunia. Peserta akan terdaftar dalam World Amateur Golf Ranking (WAGR).

"Pemenang ATI-CGJW akan meraih poin yang berdampak pada peringkat mereka di daftar pegolf amatir dunia. Ini merupakan tahun kesebelas bagi ATICGJW tercatat dalam WAGR. Secara khusus untuk penyelenggaraan tahun ini Panitia Penyelenggara akan memberikan Kesempatan bagi pemenang individual putra untuk mengikuti tournament ADT Ciputra Golfpreneur Tournament, turnamen golf professional yang diselenggarakan oleh Asian Development Tour pada tanggal 21-24 Agustus 2019 di DamaiIndah Golf, BSD Course," kata Sutopo Kristanto, Ketua Pelaksana.

Selain menjadi kompetisi internasional, ATI-CGJW dimanfaatkan pula sebagai ajang promosi wisata golf Indonesia kepada para pegolf dan offisial mancanegara. Para peserta ATI-CGJW pun akan mendapat kesempatan untuk melakukan city tour ke berbagai area wisata di DKI Jakarta. Acara pembukaan dan penutupan ATI-CGJW akan menampilkankesenian khas Indonesia, seperti tari‐tarian dari daerah Nusantara.

Tidak hanya itu, selain menggelar pertandingan internasional, ATI-CGJW menghadirkan pameran interaktif yang akan memamerkan kerajinan-kerajinan Indonesia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya