Dianggap Saingi Sabyan, Begini Tanggapan Ustaz Solmed yang Produseri The Sultan

Ustaz Solmed menjadi produser dan juga pencipta lagu The Sultan.

oleh Aditia Saputra diperbarui 28 Mei 2019, 18:20 WIB
The Sultan dan Ustaz Solmed (Kapanlagi.com)

Liputan6.com, Jakarta - Band bentukan Ustaz Solmed, The Sultan, mulai menunjukkan tajinya. The Sultan sudah mulai mengeluarkan single baru mereka jelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran mendatang. Single-nya berjudul "Kembali Fitri" yang juga diciptakan oleh Ustaz Solmed.

Memiliki vokalis wanita, The Sultan yang kerap membawakan irama musik Timur Tengah ini pun dianggap mengikuti atau menyaingi Sabyan. Atas hal ini, Ustaz Solmed pun mengaku tidak ada persaingan antara dua grup band ini.

"Kalau dianggap saingi Sabyan gimana ya, musisi kan banyak di Indonesia. Tentunya, dengan itu bisa memotivasi untuk mengembangkan lagu religi yang mulai berkurang. Itu saja," kata Ustaz Solmed saat ditemui bersama The Sultan di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (28/5/2019).

Sabyan dan The Sultan memang sama-sama memiliki vokalis wanita berhijab. Pemilihan vokalis yang merupakan seorang wanita diakui Ustaz Solmed bukanlah kesengajaan.

"Saat kita cari vokalis susah banget, sampai bikin audisi tapi tetap enggak nemu. Setelah itu, akhirnya salah satu saudara personel The Sultan memperkenalkan Lia yang merupakan finalis ajang pencarian bakat. Setelah dites, akhirnya cocok," kata Ustaz Solmed.

 


Kembali Fitri

The Sultan dan Ustaz Solmed (Kapanlagi.com)

Lagu "Kembali Fitri" diciptakan oleh Ustaz Solmed. Suami Aprile Jasmine ini mengaku menciptakan lagunya berdasarkan pengalaman kesehariannya. Selain itu, faktor musisi Tompi yang menjadikannya berani menciptakan lagu.

"Pertama bikin lagu berawal saat saya kedatangan Tompi untuk menilai seperti apa The Sultan kelebihan dan kekurangannya. Dari beliau juga dibilang bahwa musisi itu harus memiliki karya, oleh karena itu saya menciptakan lagu untuk The Sultan," ujar Ustaz Solmed.

 


Kolaborasi

The Sultan dan Ustaz Solmed (Kapanlagi.com)

Grup musik The Sultan Gambus beranggotakan Nurmaliya alias Lia (vokalis), Mujahidin atau Didin (keyboard), Gunawan (gitaris), Abdul Aziz (drummer), dan Rahman (biola). 

Kolaborasi Ustaz Solmed dan The Sultan pun kini berjalan beriringan. Sebagai seorang produser, Ustaz Solmed pun kerap mengajak The Sultan untuk menjadi bagian dari dakwahnya keliling kota.

"Tapi tidak terpatok ya, jika ingin memanggil The Sultan silakan, jika ingin sepaket juga silakan, nggak ada masalah," pungkas Ustaz Solmed.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya