Dipindah ke Gedung Eks Kodim Kalideres, Pencari Suaka Dapat Makan 3 Kali Sehari

Saefullah mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan pangan para pencari suaka, Dinas Sosial DKI Jakarta akan menyiapkan makanan siap saji selama satu pekan mendatang.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Jul 2019, 10:15 WIB
Imigran tertidur di trotoar depan Kantor UNHCR Menara Ravindo, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (3/7/2019). Para imigran mengaku pindah dari Rumah Detensi Imigrasi ke Kantor UNHCR lantaran tidak kunjung mendapat kabar mengenai tempat tinggal dan keputusan suaka. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memindahkan para pencari suaka atau pengungsi yang sebelumnya menempati trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ke tempat yang lebih layak di Gedung Utama Eks Kodim di Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan, terdapat 998 pencari suaka, baik usia dewasa maupun anak-anak yang ditampung sementara di Gedung Utama Eks Kodim tersebut.

Pelaksana Harian Gubernur DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan penanganan para pencari suaka yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI telah melalui koordinasi dengan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

"Kebijakan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta berdasarkan azas kemanusiaan, sambil menunggu keputusan lebih lanjut dari UNHCR dan pemerintah pusat," ujarnya, Jumat (12/7/2019).

Saefullah menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan pangan para pencari suaka, Dinas Sosial DKI Jakarta akan menyiapkan makanan siap saji selama satu pekan mendatang.

"Kita akan menyediakan makan tiga kali sehari. Untuk memenuhi kebutuhan pangan dan logistik, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial telah mendirikan sepuluh tenda," kata Saefullah, seperti dilansir dari Beritajakarta.id

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 


Sediakan Fasilitas Pendukung

Para pencari suaka berteduh di bawah terpal di trotoar depan Rumah Detensi Imigrasi Kalideres, Jakarta, Jumat (19/1). Para pencari suaka berasal dari Afghanistan, Sudan, dan Somalia. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, menambahkan, hal lain berkaitan kebutuhan dasar para pencari suaka tersebut juga menjadi perhatian.

"Dinas Sosial sudah koordinasi dengan SKPD terkait dan aparatur kecamatan maupun kelurahan setempat untuk menyediakan fasilitas pendukung lainnya, seperti terkait air bersih, listrik, dan layanan kesehatan," ungkap dia.

Ratusan pencari suaka yang berasal dari negara konflik, seperti Afganistan, Somalia, Sudan, Pakistan, dan Iran menggelar tenda dan memenuhi trotoar di Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, sejak beberapa minggu lalu karena lokasinya berdekatan dengan Kantor UNHCR Indonesia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya