Ribuan Umat Islam Padati Masjid Istiqlal untuk Salat Idul Adha

Pantauan Liputan6.com sejak pukul 06.00 WIB kawasan masjid sudah dipenuhi warga yang ingin melaksanakan salat Idul Adha.

oleh Ika Defianti diperbarui 11 Agu 2019, 06:52 WIB
Ribuan Umat Islam Padati Masjid Istiqlal untuk Salat Idul Adha (Liputan6/Ika)

Liputan6.com, Jakarta - Umat islam merayakan hari besar Idul Adha pada Minggu, 11 Agustus 2019. Ribuan umat islam mulai memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat sejak pagi.

Pantauan Liputan6.com sejak pukul 06.00 WIB kawasan masjid sudah dipenuhi warga yang ingin melaksanakan salat Idul Adha. Antrean kendaraan juga tampak mengular hingga depan Stasiun Gambir.

Sepeda motor dan kendaraan roda empat juga tampak terparkir di sepanjang bahu jalan di deket Masjid Istiqlal. Sejumlah pedagang kantong plastik pun mulai menawarkan kepada masyarakat yang datang.

Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Huraihah memperkirakan, akan ada sekitar 150 ribu jemaah yang menjalankan ibadah salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Hal ini mengingat banyak masyarakat yang tidak melakukan mudik ke kampung halaman.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan saf di lantai utama dianjurkan untuk datang (lebih awal), kalau bisa salat Subuh di Masjid Istiqlal. Kalau datang jam 6 itu pasti tempatnya di lantai dasar," kata Abu, Sabtu (10/8/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Ceramah Tentang Kesejahteraan Umat

Lalu, untuk Idul Adha tahun ini di Istiqlal akan diisi oleh Ustadz Yusuf Mansyur sebagai khatib atau penceramah. Dan untuk imamnya berasal dari Masjid Istiqlal.

"Untuk salat, khatibnya Ustadz Yusuf Mansyur. Imamnya ustadz Ahmad Husni Ismail, imam rawatib Istiqlal," ucapnya.

Masjid Istiqlal akan memulai salat Idul Adha pukul 07.00 WIB. Abu Hurairah mengungkapkan, pimpinan Pondok Pesantren Darul Quran itu bakal memberikan ceramah yang berkaitan dengan kesejahteraan umat.

"Temanya spirit berkorban untuk kesejahteraan umat. Untuk salat mulai pukul 07.00 WIB," ujarnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya