Hentikan Audisi Bea Siswa, PB Djarum Akan Gunakan Cara Tradisional

PB Djarum resmi menghentikan audisi umum beasiswa bulu tangkis mulai 2020 mendatang.

oleh Edu Krisnadefa diperbarui 09 Sep 2019, 12:21 WIB
Audisi Beasiswa Bulutangkis PB Djarum akan dihentikan mulai 2020.(dok. PB Djarum)

Liputan6.com, Jakarta - PB Djarum, melalui Djarum Foundation selaku induk, telah mengumumkan akan menghentikan audisi umum beasiswa bulu tangkis mulai 2020 mendatang. Langkah ini diambil untuk meredakan polemik dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPA), akhir-akhir ini.

KPAI tidak ingin anak-anak digunakan untuk mempromosikan produk rokok dalam Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis. Karena itu, KPAI mendesak Djarum Foundation menghentikan penggunaan anak sebagai promosi brand image dalam kegiatan audisi tersebut. Dengan demikian, 2019 akan menjadi audisi terakhir.

"Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis kali ini juga saya sampaikan sebagai ajang untuk pamit sementara waktu, karena pada 2020 kami memutuskan menghentikan audisi umum. Memang ini disayangkan banyak pihak, tetapi demi kebaikan bersama kami hentikan dulu, biar reda dulu. Masing-masing pihak agar bisa berpikir dengan baik," ujar Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin.

Namun begitu, bukan berarti PB Djarum berhenti untuk ikut membangun bulu tangkis Indonesia. Hanya saja, ke depannya, mereka akan kembali menggunakan cara tradisional. "Kami akan mengikuti turnamen, main ke-klub dan sebagainya," papar Yoppy.

Dari situ, mereka juga akan berusaha mencari bibit-bibit baru. "Setiap turnamen, pelatih kita, atlet kita selalu ikut, monitoring dari situ," ujarnya.


Banyak Kelemahan

Namun, ia tidak memungkiri cara ini memiliki kelemahan. Salah satunya, lantaran daya jangkau mereka yang terbatas untuk menemukan bibit-bibit unggul bulu tangkis Indonesia.

"Tidak ada cerita-cerita heroik mengenai atlet-atlet dari kampung-kampung yang bisa dikatakan tidak mampu, karena itu tak akan bisa terjaring. Mereka tidak bisa mengikuti turnamen yang jauh-jauh," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya