Deretan Tempat Persembunyian Ular yang Jarang Disadari

Penampakan ular kobra kembali terjadi. Anak ular sepanjang 35 sentimeter mengagetkan Wandi Sugianto (53), warga Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

oleh Maria Flora diperbarui 19 Des 2019, 08:45 WIB
Ilustrasi kobra (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Tak cuma ular kobra, dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, warga di perumahan mewah Bumi Serpong Damai (BSD) digegerkan dengan 50 jenis ular yang masuk ke permukiman.

Sebelumnya, anakan hingga induk ular kobra juga ditemukan di tiga perumahan di Citayam, Depok. Salah satunya di Perumahan Citayam Village. Sebanyak 16 anakan ular kobra Jawa berhasil ditangkap oleh petugas damkar setempat.

Dan baru-baru ini, penampakan ular kobra kembali terjadi. Anak ular sepanjang 35 sentimeter mengagetkan Wandi Sugianto (53), warga Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. 

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu siang, 18 Desember kemarin saat dirinya tengah asyik menyeruput kopi di halam rumah. Jarak ular kobra itu hanya sekitar 20 sentimeter dari telapak kakinya.

Penemuan ular kobra kembali terjadi Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur. Awalnya, si pemilik rumah melihat seekor anak ular kobra muncul dari atas plafon rumahnya. 

Beberapa penemuan ini sontak membuat masyarakat resah dan cemas. Terlebih saat ini Indonesia telah memasuki musim penghujan. Di mana di musim inilah telur ular mulai menetas. 

Lantas di mana sajakah tempat persembunyian ular yang jarang kita sadari?

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Plafon

Seekor anak ular kobra yang berhasil ditangkap warga Perumahan Citayam Village saat melakukan kerja bakti di Bojonggede, Kab. Bogor, Sabtu (14/12/2019). Kerja bakti tersebut untuk membersihkan lingkungan sekaligus melakukan penyisiran pencarian induk ular kobra. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Minah, warga Warung Atas RT 014 RW 02, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur menemukan ular kobra di kediamannya pada Selasa, 17 Desember 2019.

Ketika itu, Minah tengah berada di dalam rumah, tiba-tiba seekor anak ular kobra muncul dari atas plafon rumahnya. Kejadian ini pun langsung dilaporkan ke petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Timur.

"Petugas melakukan pencarian hingga pukul 22.00 WIB," kata Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur (Jaktim), Gatot Sulaeman, seperti dilansir dari Antara, Rabu,18 Desember 2019.

Namun diakui Gatot, petugas gagal mengevakuasi induk ular kobra yang bersarang di plafon rumah Minah.

"Keberadaan induk kobra sulit dijangkau, sehingga pencarian dihentikan sementara," ucap Gatot.

Sementara anak ular kobra yang berhasil ditemukan akhirnya dimatikan oleh warga sekitar. Menurut Gatot, warga khawatir mereka bisa terpapar racun ular kobra.


Kloset Kamar Mandi

Seekor anak ular kobra yang berhasil ditangkap warga Perumahan Citayam Village saat melakukan kerja bakti di Bojonggede, Kab. Bogor, Sabtu (14/12/2019). Kerja bakti tersebut untuk membersihkan lingkungan sekaligus melakukan penyisiran pencarian induk ular kobra. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Sebanyak 18 ular kobra berukuran kurang lebih 20 centimeter itu ditemukan di kloset kamar mandi rumah warga di Jalan Langgar RT 04 RW 03 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu, 15 Desember 2019.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Eko Sumarno menyebut, ular kobra tersebut bersarang di gudang bekas kolam.

"Jumlah ular kobranya sebanyak 18 ekor ada di bekas kolam, menjalar ke kamar kloset kamar mandi warga," ujar Eko seperti dilansir dari Antara, Minggu (15/12/2019).

Eko mengatakan, pihaknya menurunkan empat anggota untuk mengevakuasi belasan anak ular kobra. Butuh 30 menit bagi petugas menangkap dan mengamankan hewan berbisa tersebut.

Untuk sementara waktu, belasan anak ular kobra tersebut diamankan di Kantor Damkar Sektor Kembangan, Jakarta Barat.

"Rencananya ular tersebut bakal di serahkan ke Yayasan Sioux Ular Indonesia di wilayah Serpong, Tangerang," ucap Eko saat itu.

Hera, pemilik rumah mengatakan, ular kobra tersebut ditemukan suaminya saat akan ke kamar mandi.

Kamar mandi tersebut terdapat saluran perpipaan yang terhubung dengan gudang bekas kolam pabrik milik ayahnya.


AC

Penemuan induk ular kobra di Perumahan Anggrek 2 Grand Depok City, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat menghebohkan warga.

Saat itu, Rita sedang beristirahat seorang diri di rumah Perumahan Anggrek 2 Grand Depok City RT 03/RW 9 Blok M1/43 Kota Depok.

"Saya diam saja sambil memberitahukan Pak RT melalui Grup WhatsApp. RT lalu menyuruh saya mencari Satpam," kata Rita kepada Liputan6.com, Jumat (13/12/2019).

Rita mengambarkan suasananya saat itu. Menurut dia, Suara gonggongan anjing berhasil membuat ular ketakutan.

Ular itu masuk ke pipa pembuangan Air Conditioner (AC). Letak pipa dengan jendela memang sangat dekat. Kedua anjingnya terus berjaga diantara lubang paralon.

Masih di perumahan yang sama, seekor induk kobra juga ditemukan di saluran pembuangan pendingin ruangan atau AC. 

Satpam Perumahan Anggrek 2 Grand Depok City, Kecamatan Cilodong mengatakan awalnya dirinya dihubungi oleh salah seorang warga bahwa ada seekor kobra di dalam rumah. Peristiwa itu terjadi pada Rabu, 11 Desember 2019, sekitar pukul 13.00 WIB.

"Pak Sinaga menelepon saya minta tolong usir ular di kediamannya," kata Sulistyo saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (12/12/2019).

"Kurang lebih panjangnya satu meter, warnanya hitam," ucapnya.

Sulistyo memancing binatang melata itu dengan menyiramkan air panas ke saluran pembuangan AC. Diduga kobra bersembunyi di tempat tersebut.

"Ternyata keluar. Mau enggak mau kita matiin, daripada membahayakan warga," katanya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya