Tips Melatih Keseimbangan Fisik Agar Kuat Sepanjang Hari

Ternyata keseimbangan fisik sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh Anda. Melatih keseimbangan dapat Anda lakukan di rumah, seperti berlatih melangkah mengikuti garis-garis lantai.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Jan 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Olahraga Teratur (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Melompat dengan satu kaki dan berjalan di atas balok kayu tanpa terjatuh dapat meningkatkan keseimbangan fisik. Latihan-latihan seperti itu mungkin seperti permainan anak-anak, tetapi sebenarnya dengan melakukan latihan keseimbangan dapat membantu fisik Anda menjadi lebih kuat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Keseimbangan fisik juga dapat memperbaiki postur tubuh, seperti saat duduk diam. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki keseimbangan fisik Anda:

1. Saat Menonton Televisi             

Seperti yang dilansir dari Real Simple, Anda dapat mencoba menonton televisi dengan duduk di atas bola olahraga bukan di sofa. Saat iklan berlangsung, Anda dapat menghabiskan waktu untuk melatih keseimbangan fisik menggunakan bola tersebut.

2. Saat Makan

Menurut pendiri Ballet Beautiful, Mary Helen Bowers, Anda dapat menarik kursi sedekat mungkin ke meja makan. Hal ini dapat mendorong Anda untuk duduk dengan tegak serta menarik saraf pusat aktif Anda.

Saksikan juga video menarik berikut:


3. Saat Naik Kereta

Berdiri dengan posisi kaki yang lebar dan lutut sedikit ditekuk, seperti sedang berselancar, tanpa berpegangan akan mengganggu keseimbnagan fisik Anda. Sebaiknya libatkan juga otot inti dan kaki Anda agar tidak terjatuh.

4. Saat Berjalan

Jika Anda berada di jalan sepi, cobalah melangkah di sepanjang garis trotoar. Ketika di rumah, Anda dapat berlatih dengan mencoba berjalan di atas garis lantai.

5. Saat Menjatuhkan Barang

Anda dapat mengambil barang yang jatuh dengan menggunakan satu kaki dan satu kaki lainnya diangkat ke belakang, semakin tinggi Anda mengangkat kaki tersebut maka semakin baik keseimbangan fisik Anda.


6. Saat Berdiri

Latihan keseimbangan fisik yang sederhana dapat Anda coba dengan menyeimbangkan berdiri dengan satu kaki secara bergantian. Latihan keseimbangan fisik dengan menggunakan satu kaki dapat membantu memperkuat sisi yang lebih lemah. Hal ini sesuai dengan lansiran dari The Guardian.

7. Saat Berjongkok

Pada saat berjongkok pastikan Anda tidak melengkungkan punggung dan mempertahankan posisi perut Anda jangan sampai terlalu rendah. Tahan selama beberapa detik lalu kembali berdiri.

Hal ini merupakan latihan keseimbangan dengan menggunakan beran badan Anda sendiri. Latihan menggunakan berat badan dapat membuat Anda menjadi lebih kuat dan membantu meningkatkan keseimbangan fisik Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya