Pasca Banjir Jabodetabek, Jaringan Telkomsel Mulai Normal

Meski kondisi mulai normal, Telkomsel masih menyiagakan perangkat pendukung untuk pasokan listrik cadangn ke BTS.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 03 Jan 2020, 12:50 WIB
Telkomsel melakukan berbagai persiapan menjelang Gerhana Matahari Total, seperti memaksimalkan kapasitas BTS dan menyiagakan Compact Mobile Base Station (COMBAT) di titik-titik keramaian.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sejumlah wilayah Jabodetabek dilanda banjir, jaringan Telkomsel mulai normal kembali.

"Layanan voice, SMS maupun akses data/internet Telkomsel secara umum telah berfungsi normal, termasuk di wilayah Bekasi yang sebelumnya terdampak bencana banjir dan mengalami penurunan kualitas layanan," kata GM External Corporate Communication Telkomsel Aldin Hasyim dalam pernyataan resmi Telkomsel yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (3/1/2019).

Meski kondisi mulai normal, Telkomsel masih menyiagakan perangkat pendukung untuk pasokan listrik cadangn ke BTS. Misalnya saja baterai maupun mobile backup/ genset di sejumlah lokasi, khususnya di titik BTS yang masih terdampak.

"Tim Teknis Telkomsel secara simultan terus melakukan pengecekan dan tetap berupaya maksimal untuk pemulihan layanan secara menyeluruh," kata Aldin.

Lebih lanjut, Telkomsel juga fokus mengamankan kualitas jaringan di sejumlah titik vital, misalnya Posko Penanggulangan Bencana, Bandara, serta Kantor instansi terkait yang membutuhkan akses telekomunikasi yang intensif.


Perintah Menkominfo

Menkominfo Johnny G. Plate saat ditemui di acara Gerakan Menuju 100 Smart City di Jakarta, Rabu (6/11/2019). (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sebelumnya, layanan telekomunikasi kembali terganggu saat banjir melanda, pada Kamis (2/1/2020), karena back up power untuk BTS terdampak hanya bertahan selama beberapa jam saja.

Menkominfo, Johnny G. Plate, dalam keterangannya menyebut, operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTS-nya down, karena masih terdampak banjir.

"Kemkominfo akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler mengerahkan segala upaya pemulihan BTS yang masih down," kata Johnny dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan genset, agar BTS bisa teraliri listrik dan berfungsi normal. Pasalnya, PLN masih memutus jaringan listrik di beberapa wilayah karena kondisi yang dinilai belum aman.

Sebelumnya, sejumlah BTS seluler milik berbagai operator mengalami gangguan karena pemutusan aliran listrik PLN saat banjir, Rabu 1 Januari 2019.

Kendati demikian, hingga Rabu malam, secara keseluruhan masyarakat dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi, walaupun beberapa BTS mati.

(Tin/Ysl)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya