Nasdem Umumkan 5 Nama Cabup dan Cawabup Pilkada Sulsel

Partai Nasdem mengumumkan lima calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diusung pada Pilkada serentak di Sulawesi Selatan 2020.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 26 Jan 2020, 19:50 WIB
Ketua Umum DPP Nasdem Surya Paloh bersama cabup dan cawabup Sulsel. (Achmad Sudarno/Liputan6.com)

Liputan6.com, Makassar - Partai Nasdem mengumumkan lima calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diusung pada Pilkada serentak di Sulawesi Selatan 2020.

Kelima calon bupati dan wakil bupati yang diusung Nasdem yaitu Yosia Ronti-Yonatan calon Wakil Bupati Toraja Utara, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Kaswadi Razak-Lutfi Halide calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng, Armil Mattotorang-Ilham Najamuddin calon Bupati dan Wakil Bupati Maros, dan Suardi Saleh calon Bupati Barru.

"Dari 12 daerah yang ikut Pilkada, baru 5 pasangan calon yang diberikan SK rekomendasi usungan Nasdem," kata Ketua DPW Nasdem Sulawesi Selatan Partai Nasdem Rusdi Masse, Minggu (26/1/2020).

Untuk sisanya, lanjut Rusdi, DPD Nasdem di beberapa daerah lain masih menunggu hasil keputusan dari dewan pimpinan pusat (DPP), apakah nama-nama calon bupati dan wakil bupati serta walikota yang diusung partai besutan Surya Paloh itu masuk penjaringan atau tidak.

"Insyaallah kita semua kembali ke Jakarta untuk melanjutkan pembahasan daerah lain. Seandainya selesai 7-10 Februari, kita serahkan. Termasuk Kota Makassar dan calon wakil bupati Barru juga belum," ujar Rusdi.

Menurut Rusdi, ada beberapa pertimbangan DPP Nasdem mengusung nama-nama yang tertera di atas sebagai calon bupati dan wakil bupati di Sulsel. Pertama, kelima calon itu memiliki rekam jejak yang cukup baik.

Kemudian, dari hasil survey bahwa elektabilitas bakal calon termasuk popularitas yang bersangkutan cukup tinggi. Ketiga, memiliki loyalitas tinggi terhadap Partai Nasdem.

"Saya lihat sendiri di Sulsel itu track record si calon. Seperti apa dia ini untuk ke depannya, programnya. Hasil survei juga bagus dan loyalitasnya tinggi," bebernya.

Sebanyak 12 daerah di Sulawesi Selatan akan menggelar pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2020. Menurut jadwal tahapan, pemungutan suara diagendakan berlangsung pada 23 September 2020.Pilkada akan digelar di Kota Makassar dan sebelas kabupaten di Sulsel.

12 daerah tersebut adalah Kabupaten Barru, Bulukumba, Gowa, Kepulauan Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene Kepulauan, Soppeng, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Ini bakal menjadi pilkada serentak gelombang keempat di Sulsel. Sebelumnya pilkada serentak digelar pada tahun 2015, 2016, dan 2018.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya