Di Korsel, Virus Corona Buka Kehidupan Pribadi hingga Dugaan Selingkuh

Kehidupan pribadi pasien positif virus Corona di Korea Selatan benar-benar terekspose

oleh Melly Febrida diperbarui 07 Mar 2020, 19:00 WIB
Petugas melakukan disinfeksi di stasiun kereta bawah tanah Gwanghwamun, Seoul, Korea Selatan, Jumat (28/2/2020). Hingga 28 Februari 2020, Korea Selatan mengonfirmasi total jumlah pasien terinfeksi virus corona COVID-19 sebanyak 2.337 orang. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan pribadi pasien positif virus corona di Korea Selatan benar-benar terekspose. Bahkan sampai kehidupan seksualnya seperti dugaan perselingkuhan. Inilah yang sebenarnya lebih ‘menakutkan’ dari virus itu sendiri.

Jumlah kasus virus korona di Korea Selatan melebihi 6.000. Alhasil, pihak otoritas kesehatan dan kantor-kantor distrik di seluruh negeri mengirimkan teks panduan keselamatan, dari pagi hingga larut malam, yang mengingatkan orang-orang untuk mencuci tangan dengan benar dan tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci.

Tetapi bagi banyak orang, teks yang dimaksudkan sebagai layanan kesehatan publik memicu stigma sosial dan dalam beberapa kasus, mengarah ke spekulasi tentang urusan di luar nikah. Ini dianggap berlebihan.

Seperti dilansir The Guardian, banyak yang mengkritisi pesan yang melacak pergerakan orang yang baru saja didiagnosis dengan virus.

“Seorang wanita berusia 60-an baru saja dites positif,” begitu isi pesan. “Klik tautan untuk tempat-tempat yang dia kunjungi sebelum dia dirawat di rumah sakit,” tambahnya.

Begitu mengklik tautan tersebut, pengguna masuk ke situs web kantor distrik yang mencantumkan tempat-tempat yang dikunjungi pasien sebelum dites positif. Bahkan informasi tersebut termasuk yang sangat pribadi.

Misalnya yang melibatkan seorang pria berusia 50-an yang baru balik dari provinsi Wuhan di Cina, tempat wabah dimulai, dengan sekretarisnya yang berusia 30 tahun. Keduanya terinfeksi pada awal epidemi.

Ketika media Korea Selatan meneliti gerakan mereka, warga melihatnya sebagai suatu yang horor namun memiliki daya tarik ketika kehidupan pribadi pun dibongkar, yang mengarah ke spekulasi perselingkuhan dengan sekretaris yang menjalani operasi plastik.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Kehidupan seksual terbongkar

Tentara menyemprotkan cairan disinfektan di gang-gang sebagai tindakan pencegahan virus corona (COVID-19) di Seoul, Korea Selatan, Salasa (3/3/2020). Hingga 4 Maret 2020 sore, jumlah pasien virus corona di Korea Selatan bertambah menjadi 5.621 kasus. (AP Photo/Lee Jin-man)

Dalam kasus lain, dilaporkan BBC, sebuah peringatan menyebutkan seorang pria tertular virus dari seorang instruktur yang berhubungan dengan kehidupan seksual.

Seorang pria berusia 30-an yang dites positif menjadi sasaran ejekan online karena perilaku seksualnya, setelah pihak berwenang mengatakan dalam teks peringatan bahwa mereka tidak dapat melacak pergerakannya setelah ia tiba di stasiun kereta api utama Seoul dari bandara ibukota.

Karena daerah di dekat stasiun dikenal dengan pelacuran. Pria itu, yang hanya diketahui dengan nomor kasusnya, berulang kali dituduh di forum online membayar untuk seks.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya