Cegah Virus Corona dengan Rutin Konsumsi Temulawak

Temulawak sendiri selain mengandung curcumin yang dapat mencegah Virus Corona, juga dapat menjaga daya tahan tubuh.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Mar 2020, 14:00 WIB
Sejumlah penumpang menggunakan masker saat antre memasuki kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI Jakarta, Selasa (3/3/2020). Penumpang dengan gejala demam tinggi dilarang masuk dan menggunakan MRT sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid 19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin, 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa ada dua WNI yang positif terjangkit Virus Corona.

Virus ini berhasil masuk ke Indonesia setelah kedua WNI ini bertemu dengan seorang WN asal Jepang di Jakarta. Kedua WNI yang terinfeksi virus corona bertempat di Depok, dan menimbulkan sejumlah kepanikan di Jakarta dan sekitarnya.

Terkait hal ini, Guru Besar Universitas Airlangga dan Ketua Tim Riset Corona & Formulasi Vaksin Professor Nidom Foundation, Prof Dr drh Chairul Anwar Nidom, mengatakan bahwa virus ini dapat dicegah dengan mengonsumsi obat herbal yang biasa ditemui sehari-harinya. Terutama bahan makanan atau minuman yang mengandung Curcumin.

“Pada dasarnya, Virus Corona merupakan satu kingdom dengan influenza, yang dapat ditangkal atau dicegah dengan Curcumin,” kata Prof Nidom, dalam keterangan tertulisnya.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Manfaat Temulawak

Pedagang menunjukkan jahe dagangannya di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Harga jahe mengalami kenaikan dari Rp25 ribu perkilogram kini dibanderol Rp35 ribu karena dipercaya mampu menangkal penyebaran virus corona Covid-19 yang sudah masuk Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Curcumin sendiri merupakan antioksidan alami dan zat antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, peradangan, dan mencegah beberapa penyakit degeneratif.

Curcumin dapat ditemukan pada jahe, sereh, kunyit, temulawak, dan sejenisnya. Temulawak sendiri selain mengandung curcumin yang dapat mencegah Virus Corona, juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Menurut Terawan, Virus Corona menyerang orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Karena itu, mengonsumsi temulawak sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin tetap jauh dari virus mematikan tersebut.

Namun, temulawak ternyata tidak dapat dikonsumsi begitu saja, kandungan curcumin dalam satu buah temulawak bervariasi.

Temulawak adalah tanaman umbi, sehingga 90 persen dari kandungannya adalah air. Karena itu, temulawak harus diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan kandungan curcumin-nya.

 


Produk Olahan Temulawak

Saat ini, banyak produk olahan temulawak yang aman dan praktis untuk dikonsumsi, salah satunya yaitu Sari Temulawak 85. Sari Temulawak 85 adalah produk olahan temulawak yang diproduksi dengan menggunakan bahan baku temulawak.

Sari Temulawak ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap harinya, untuk meningkatkan sistem imun tubuh, khususnya bagi orang yang setiap harinya beraktivitas. 

Temulawak memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Selain untuk mengatasi masalah sistem pencernaan, temulawak juga dapat menjadi obat anti radang serta penyembuh luka.

Tanaman ini juga dapat mencegah penyakit kanker, sebagai antibakteri dan antijamur, obat jerawat, dan menjaga kesehatan liver. Tanaman ini aman dikonsumsi secara rutin, karena mampu menjaga daya tahan tubuh untuk dapat beraktivitas sepanjang hari.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya