Menjajal Toilet Premium Berbayar Rp 7.500 di Mal Karawaci, Apa Sensasinya?

Liputan6.com coba menelusuri keberadaan toilet berbayar yang tengah ramai jadi bahan cuwitan di Twitter dan timeline Instagram tersebut, Selasa (10/3/2020).

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 10 Mar 2020, 17:04 WIB
Toilet Premium di Mal Karawaci Tangerang. (Pramita Tristiawati/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sempat viral di media sosial, di dalam pusat perbelanjaan atau mal di kawasan Karawaci Tangerang terdapat toilet premium berbayar Rp 7.500 per orang, seperti apa rasanya?

Liputan6.com coba menelusuri keberadaan toilet berbayar yang tengah ramai jadi bahan cuwitan di Twitter dan timeline Instagram tersebut, Selasa (10/3/2020). Terletak di lantai LG Floor, berada di tengah-tengah Supermal Karawaci, akan ada pintu dimana atasnya bertuliskan 'Premium Toilet'.

Lengkap di sampingnya berdiri papan pengumuman tarif toilet berbayar tersebut Rp 7.500. Dengan penjelasan, bila pengelola mal menyediakan banyak sekali toilet gratis di tiap lantai.

Masuk ke dalam, pengunjung akan melewati lorong yang terkesan mewah dan bersih, kemudian letak toilet ada di sebelah kiri. Biasanya resepsionis akan menyambut di lobi hotel, namun tidak di toilet berbayar tersebut. Seorang petugas resepsionis akan menyambut pengunjung yang datang, sembari memberitahukan cara pembayaran.

Bisa dengan uang tunai atau dengan cahsslesh dengan menggunakan metode pembayara Ovo dan Gopay, tinggal scan barcode saja.

Masuk lagi ke dalam, pengunjung akan disambut vas besar bunga anggrek dan penunjuk arah, khusus wanita atau pria. Petugas resepsionis pun mengingatkan, untuk tidak mengambil gambaran toilet, hanya boleh berswafoto saja.

"Hanya boleh selfie saja," katanya dengan senyum ramah tiga jari bak model.

Ketika masuk ke bagian wanita, semua dinding dilapisi lantai marmer. Tersedia dua ruangan 'mother care' atau ruangan khusus untuk laktasi dan mengganti popok bayi.

Masuk ke dalam toilet, pengunjung akan disuguhkan dengan meja wastafle mewah, berkaca lebar dan besar, yang memiliki lampu make up. Tempat sabun cuci tangannya pun terbuat dari kayu, begitu juga dengan tempat tissuenya.

Ada 6 bilik toilet yang tersedia, terlihat lebih lebar daripada toilet di pusat perbelanjaan pada umumnya. Semua biliknya terbuat dari tembok, berlapis marmer berwarna cokelat muda.


Fasilitas Canggih

Toilet Premium di Mal Karawaci Tangerang. (Pramita Tristiawati/Liputan6.com)

Salah satu alasan mengapa mahal, lantaran sistem toilet duduk yang dibuat lebih canggih. Bukan sekedar menekan ke atas, ke bawah, diputar atau tombol sederhana lainnya. Melainkan terdapat setidaknya 3 pilihan tombol untuk membasuh dengan air, satu tombol stop dan berbagai tombol kecil lainnya untuk mengatur tekanan air.

Entah karena sepi tidak ada yang menggunakan toilet, sehingga air yang keluar jadi hangat. "Kalau weekdays sepi, kalau weekend rame banget," ujar salah seorang petugas kebersihan yang tengah mengelap kaca walaupun sudah terlihat kinclong.

Toilet bertombol banyak ini sebenarnya bisa digunakan gratis di berbagai hotel bintang lima dengan predikat internasional yang ada di Indonesia. Namun, jadi pilihan menarik bagi siapapun yang ingin mencoba sensasi toilet 'canggih' dekat rumah seharga Rp 7.500 ini. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya