Barnes: Biarkan Liverpool Juara dan Hapus Liga Inggris Musim Depan

Menurut Barnes, kompetisi musim ini harus diselesaikan demi rasa keadilan. Mulai dari Liverpool yang memburu gelar juara, sampai tim-tim yang berjuang untuk promosi dan menghindari degradasi.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 19 Mar 2020, 18:42 WIB
Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum, melakukan selebrasi usai membobol gawang West Ham United pada laga Premier League di Stadion Anfield, Inggris, Selasa (25/2/2020) (AP/Jon Super)

Liputan6.com, Liverpool - Legenda Liverpool, John Barnes, menyambut baik keputusan UEFA menunda Piala Eropa selama setahun. Dengan begitu, kompetisi Liga Inggris musim ini bisa diselesaikan ketika pandemi virus corona sudah mereda.

Seperti diketahui, UEFA akhirnya memutuskan menunda turnamen Piala Eropa 2020 selama setahun. Turnamen bergengsi tersebut baru akan digelar pada 11 Juni-11 Juli 2021.

Piala Eropa 2020 rencananya akan digelar pada 12 Juni-12 Juli 2020 di 12 kota berbeda di sejumlah negara Eropa. Tapi pandemi virus Corona mengancam penyelenggaraan sesuai jadwal.

Dengan sebagian besar kompetisi liga-liga top Eropa sedang ditangguhkan, maka pada akhirnya Piala Eropa 2020 juga ikut mundur. Hal ini agar liga-liga domestik di Eropa, termasuk Liga Inggris, punya kesempatan untuk menyelesaikan kompetisi mereka.

Menurut Barnes, kompetisi Liga Inggris musim ini harus diselesaikan demi rasa keadilan bagi semua tim. Mulai dari Liverpool yang memburu gelar juara, sampai tim-tim yang berjuang untuk promosi dan menghindari degradasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Komentar Barnes

(AFP/Geoff Caddick)

"Menunda Piala Eropa adalah keputusan yang masuk akal dan saya pikir menunda satu tahun adalah satu-satunya solusi. Anda memiliki liga yang harus diselesaikan dan saya pikir liga harus diselesaikan, bukan hanya dari sudut pandang Liverpool atau klub lain di negara mana pun," kata Barnes di Soccerway.

"Ini jelas lebih besar dari itu, Anda berbicara tentang promosi dan degradasi di semua divisi. Jadi saya pikir jika liga dapat ditunda sementara, Anda tidak perlu terburu-buru kembali menggelar kompetisi. Mungkin Anda harus menghapuskan musim depan."

"Keselamatan adalah hal yang paling penting jadi biarkan musim ini berlangsung, kalau perlu sampai tahun depan. Tidak perlu terburu-buru kembali karena Anda juga sudah menunda Piala Eropa hingga 2021. Jika Anda harus memainkan satu pertandingan seminggu dari Oktober, dan berarti musim berlangsung hingga Januari atau Februari mendatang, maka Anda dapat memulai musim berikutnya pada waktu yang tepat daripada mengejar ketinggalan selama bertahun-tahun," Barnes menambahkan.


Puncak Klasemen

Liverpool sendiri saat ini berada di puncak klasemen Liga Inggris. The Reds unggul 25 poin atas Manchester City yang berada di bawahnya.

Mengingat kompetisi Liga Inggris sedang ditangguhkan, belum jelas kapan pasukan Jurgen Klopp akan bermain lagi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya